Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Atap Genteng Keramik

Bahan penutup atap genteng keramik, selain kuat, genteng keramik saat ini telah diproduksi dengan berbagai model, warna dan aksesoris pendukung lainnya yang mengikuti perkembangan tren rumah tinggal. Maka tidak heran, sangat banyak para pemilik rumah sangat menyukai genteng keramik sebagai bahan atau material penutup atap rumahnya.
Genteng Keramik
Genteng Keramik

Pada saat ini genteng keramik telah dibuat dengan bermacam model. Bentuknya ada yang lengkung penuh (curve tile), semi-lengkung, berbentuk S, dan datar/semi datar. Pilihan warna atap genteng keramik saat ini juga cukup banyak dan juga aksesoris genteng yang bisa ditempatkan di beberapa titik pada atap, seperti nok, jurai, dan lisplank.

Genteng Keramik = Adem atau Sejuk
Genteng keramik terkenal dengan adem/sejuk-nya. Hal ini karena genteng keramik berbahan dasar tanah liat yang diolah di pabrik dengan proses pembakaran yang menggunakan oven yang suhunya bisa mencapai 1.100 derajat Celcius selama 18 jam. Dengan proses pembuatan yang dilaluinya itu membuat genteng keramik menjadi bahan atap yang kuat dan mampu memantulkan panas hingga 90 % (klaim salah satu pabrik) sehingga dengan pemantulan panas yang begitu besar, tentu akan membuat ruang di bawahnya menjadi sejuk.
Kemudian, karena proses pembakaran di dalam oven, membuat ukuran genteng keramik menjadi lebih presisi sehingga akan memudahkan pada saat pemasangannya pada atap rumah.

Genteng Ber-Glazur dan Non-Glazur
Glazur adalah sejenis senyawa kimia yang mengandung bahan pewarna dan lain-lain yang menunjang kekuatan dan penampilan genteng. Pemberian glazur dilakukan setelah pembakaran tahap pertama. Setelah proses glazing, maka dilajutkan proses pembakaran tahap kedua.
Warna pada genteng keramik ber-glazur diklaim tidak luntur hingga 10 tahun karena proses pewarnaan pada genteng tersebut dilakukan bersamaan pada proses glazing yang kemudian masuk ke proses pembakaran lagi.
Kelebihan lain dari genteng keramik ber-glazur adalah daya serap air yang sangat kecil (< 8 %).
Jika dibandingkan dengan genteng keramik non-glazur, harga genteng keramik ber-glazur memang lebih mahal namun tidak sampai 1,5 kali harga genteng keramik non-glazur.


Tag : Atap

Back To Top