Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Keunggulan Kaca

Setelah mengetahui sedikit banyaknya tentang kaca, ada baiknya juga mengetahui apa-apa saja keunggulan kaca. Hal ini dapat dijadikan panduan dalam memilih kaca yang akan digunakan atau diterapkan pada bagian-bagian mana saja di rumah anda.

Beberapa keunggulan kaca adalah sebagai berikut:
  1. Sifatnya yang transparan.
  2. Keragaman jenisnya.
  3. Ukurannya yang fleksibel.
  4. Tahan lama.
  5. Mudah merawatnya.

Sifatnya Yang Transpasan
Seperti yang diketahui bahwa kaca adalah material yang transparan. Hal ini memungkinkan untuk memanfaatkan kaca sebagai pembatas fisik namun tidak membatasi secara visual.
Artinya, seseorang akan merasa lebih lapang jika berada di ruangan yang berdinding dari kaca tembus pandang (transparan) bila dibandingkan dengan ruang yang berdinding tembok.

Keberagaman Jenisnya
Saat ini kaca diproduksi tidak hanya seperti bidang licin begitu saja. Kemajuan teknologi membuat kaca hadir dalam berbagai bentuk atau jenis seperti; kaca buram, kaca bertekstur, kaca lengkung, kaca bermotif, dan lain-lain.
Dengan keunggulannya ini, kaca dapat dimanfaatkan untuk material dekoratif interior maupun eksterior rumah.

Ukurannya Yang Fleksibel
Walaupun secara umum kaca diproduksi dalam bentuk lembaran dan ketebalan dengan ukuran tertentu (tebal kaca = 2 mm - 19 mm), namun kaca bisa dipotong dengan alat pemotongnya sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Tahan Lama
Musuh utama kaca adalah benturan yang keras. Jika anda bisa menjaga agar kaca tidak pecah maka kaca adalah salah satu material yang bisa dikatakan tahan lama atau awet.
Untuk itu ketika menggunakan kaca sebagai material untuk dinding pembatas, pilihlah kaca yang memiliki ketebalan tertentu sehingga sanggup menahan benturan. Jika perlu gunakan kaca tempered yang lebih kuat dan lapisi dengan kaca film.

Mudah Merawatnya
Kaca sangat mudah dirawat. Cukup dibersihkan saja, baik dengan air atau menggunakan cairan pembersih kaca yang harganya relatif murah.
Semakin sering dibersihkan maka kaca anda akan selalu terlihat baru.

Tag : Kaca, Material

Back To Top