Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Sirkulasi Udara Dengan Roster

Hampir semua orang pernah melihat batu roster (mungkin sebagian pernah melihat tapi tidak tahu namanya), roster adalah sebuah material bangunan yang biasa diletakkan di atas bagian pintu atau jendela rumah yang berfungsi sebagai ventilasi udara pada rumah tersebut. Dan pada awal tahun 80-an, dimana AC masih termasuk peralatan mewah dan mahal serta mewah, hampir rata-rata masjid menggunakan batu roster pada bagian dindingnya dengan maksud agar udara leluasa mengalir ke dalam ruangan.

batu roster dari tanah liat
batu roster dari tanah liat
Dulu, batu roster dibuat dengan bahan dasar tanah liat. Bentuknya pun biasa-biasa saja, berwarna merah bata dan berlobang-lobang yang berfungsi untuk mengalirkan udara.
Namun saat ini, bentuk, model, ukuran dan bahan roster sudah sangat bervariasi. Roster yang ada di pasaran saat ini terbuat dari: tanah liat, batako, keramik, kayu dan batu alam. Khusus yang terbuat dari batu alam, saat ini material yang banyak digunakan adalah batu paras Jogja atau batu paras Palimanan.
Dari sekian banyak bahan atau material dasar roster, yang paling mahal harganya adalah roster yang terbuat dari keramik.

Dengan semakin banyaknya ragam dan ukuran roster saat ini, roster pun sudah bisa naik fungsi. Keberagamannya itu dimanfaatkan oleh para arsitek atau desainer untuk membuat dinding pembatas yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan memiliki tampilan artistik yang bisa mempercantik rumah. Seperti gambar di bawah ini, terlihat bahwa rumah ini memanfaatkan  batu roster sebagai dinding pembatas teras, sehingga menjadikan teras lebih privacy dengan sirkulasi udara yang baik, yang dapat juga dimanfaatkan oleh ruangan di sampingnya.
Dinding Roster
Dinding Roster

Tag : Dinding, Roster

Back To Top