Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Memilih Dan Menentukan Pintu Rumah

Dalam tulisan sebelumnya telah disebutkan bahwa berdasarkan fungsi, Pintu sebaiknya mudah dibuka ketika ia berfungsi sebagai penghubung dan sebaliknya, pintu akan sulit dibuka atau sulit untuk dijebol ketika pintu tersebut berfungsi sebagai pembatas atau pelindung bagi penghuni rumah.
Untuk itu diperlukan sebuah tindakan yang bijak ketika akan memilih atau menentukan pintu yang akan digunakan pada sebuah rumah.
Ketika akan memilih atau menentukan pintu rumah, sebaiknya juga mempertimbangkan dimana posisi atau letak pintu itu berada.

Pintu rumah
Pintu rumah
Pada sebuah rumah, ada beberapa jenis pintu, biasanya penamaannya sering disebut sesuai dengan di ruangan mana pintu itu berada, seperti; pintu utama, pintu kamar, pintu kamar mandi, pintu garasi dan lain-lain.
Perlunya tindakan yang bijak saat memilih dan menentukan pintu sesuai dengan dimana letak atau posisi itu berada bertujuan untuk penghematan.
Adalah sebuah pemborosan jika untuk pintu kamar tidur yang jelas-jelas berada pada ruangan yang terlindung, kita menggunakan pintu yang sama dengan pintu utama atau pintu yang berada pada dinding terluar pada sebuah rumah.


Uraian di bawah ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda untuk memilih atau menentukan pintu rumah sesuai dengan letak atau posisinya pada sebuah rumah;

Pintu Utama
Fungsi pintu utama (pintu external) sebagai penghubung dan sekaligus pelindung bagi penghuni rumah dengan lingkungan luar rumah.
Untuk itu pilihlah material atau bahan yang kuat dan kokoh. Biasanya pintu utama (pintu external) ini dibuat dari kayu solid.

Pintu Kamar
Pintu kamar disebut juga dengan istilah pintu internal karena posisi atau letaknya di dalam ruangan. Fungsinya sebagai pembatas atau penghubung antara ruang ke ruang yang terdapat di dalam ruangan.
Dan ketika memilih pintu kamar, tentu material atau bahan yang digunakan bisa memakai material yang tidak sekuat atau sesolid pintu utama.
Material yang dapat digunakan untuk pintu kamar diantanya adalah: multiplek dan blockboard.
Dengan demikian Anda telah berhemat karena pintu multiplek atau blockboard harganya tidak mahal, dan juga bobotnya tidak terlalu berat sehinggga Anda dapat menggunakan engsel yang sesuai dengan pintu tersebut.

Pintu Kamar Mandi
Pilihlah pintu yang terbuat dari material atau bahan yang tahan air. Pada saat ini banyak orang menggunakan pintu plastik (fiber) karena harga yang lebih terjangkau. Pilihan warnanya pun bermacam-macam bahkan ada yang menyerupai corak dan warna kayu. Namun bagi anda menginginkan kwalitas lebih bagus dan tampilan lebih menarik, anda dapat menggunakan memilih pintu yang terbuat dari UPVC yang dikombinaskan dengan material lain seperti HPL.


Tag : Pintu

Back To Top