Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Memilih Pemanas Air

Memilih pemanas air gampang-gampang susah. Banyak orang terpengaruh dengan stigma yang berkembang di masyarakat bahwa air memiliki resiko mengalirkan setrum jika memakai pemanas air listrik, sementara jika menggunakan pemanas air dengan sumber energi gas, khawatir akan meledak jika terjadi kebocoran.

Berdasarkan sumber energi yang digunakan, pemanas air dapat dibagi atas 3 kategori:
  1. Pemanas air tenaga surya.
  2. Pemanas air tenaga listrik
  3. Pemanas air bertenaga gas.
Dari ketiga macam alat pemanas air yang tersedia di pasaran tentu akan menjadi gampang-gampang susah untuk dipilih mana yang akan digunakan untuk rumah anda.
Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau yang menjadi pertimbangan dalam memilih pemanas air ini.

Utamakan keamanan pada masing-masing jenis pemanas air.
  • Pada pemanas air tenaga surya, perlu diperhatikan pipa air dingin dan air panas harus terbuat dari material yang tahan panas dan tidak mudah bocor. 
  • Pada pemanas air tenaga listrik, perhatikan pada instalasi kebel listriknya. Pilih pemanas air yang menggunakan kabel yang berkualitas baik dan perhatikan feature keamanan yang ditawarkan.
  • Sedangkan pada pemanas air yang bertenaga gas sebaiknya digunakan pada kamar mandi yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Urungkanlah niat anda untuk menggunakan pemanas air gas jika kamar mandi anda tidak mempunyai aliran udara untuk bersirkulasi dengan baik.
Secara kapasitas, pemanas air dengan tenaga surya jauh lebih besar daya tampungnya dibanding dengan pemanas air tenaga listrik maupun gas. Umumnya pemanas air tenaga surya dengan satu tabung (single) saja memiliki daya tampung air panas 150 liter, bandingkan dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang rata-rata hanya berkapasitas maksimal 60 liter. Untuk itu, jika memilih pemanas air tenaga listrik atau gas, pilih pemanas yang memiliki tabung yang terbuat dari material yang berkualitas dan mempunyai insulasi yang menyelubungi tabung atau tangki penampungnya sehingga mampu menahan panas.

Back To Top