Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Menentukan Pompa Air Untuk Sumur Bor

Rumah yang mempunyai sumur bor sebagai sumber pasokan air bersihnya dipastikan membutuhkan pompa air untuk menghisap air dari sumur bor tersebut kemudian mndistribusikannya baik itu langsung ke dalam rumah (kamar mandi, dapur, dan lain-lain) atau menaikkannya ke tanki atap terlebih dahulu kemudian baru dialirkan ke kran-kran air yang ada di dalam serta halaman rumah. Untuk dapat berhemat, anda harus tepat dalam menentukan pompa air yang akan anda gunakan.

Sebelum menentukan pompa air yang akan digunakan, perlu diketahui bahwa berbagai macam pompa air yang ada di pasaran, seperti:
  1. Pompa Sumur Dangkal. Pompa ini biasa digunakan pada sumur yang mempunyai tinggi kedalaman air permukaan kecil dari 7 meter.
  2. Pompa Semi Jet Pump. Pompa ini dapat digunakan pada sumur yang mempunyai tinggi kedalaman air permukaan antara 7 - 9 meter.
  3. Pompa Jet Pump. Pompa ini dapat digunakan pada sumur bor yang mempunyai tinggi kedalaman air permukaan antara 9 - 20 meter.
  4. Pompa Submersible. Jenis pompa ini berbeda dari ketiga pompa di atas. Pompa ini jenis pompa celup yang dimasukkan ke dalam sumur bor yang mempunyai tinggi kedalaman air permukaan besar dari 20 meter.
Yang dimaksud dengan tinggi kedalaman air permuukaan disini adalah jarak permukaan air yang terdapat pada sumur bor dengan permukaan tanah. Anda dapat mengukurnya dengan menggunakan seutas tali yang diberi pemberat kemudian masukkan ke dalam sumur bor. Jika sudah terasa bahwa pemberat tadi kena air kemudian tarik kembali ke atas, lalu ukur berapa panjang tali yang dimasukkantadi. Jadi tinggi kedalaman air permukaan adalah berbeda maksudnya dengan kedalaman sumur.



Ada beberapa pertimbangan dan kondisi yang harus diperhitungkan untuk menentukan pompa air yang mana yang akan digunakan pada sumur bor rumah anda.
Misalnya;
  • Jika rumah anda tidak mempunyai tanki atap dan berencana akan menggunakan aliran langsung dari pompa air. Perlu diperhatikan bahwa kedalaman tinggi air permukaan sumur bor anda cukup tinggi (katakanlah 5 meter). Untuk kondisi ini sebaiknya anda menggunakan pompa semi jet pump. Karena pompa semi jet pump telah dilengkapi dengan alat otomatis yang berfungsi akan mematikan dan menghidupkan mesin ketika anda menutup atau membuka kran air pada rumah anda. Disarankan pada kamar mandi anda ada bak penampung air agar mesin pompa tidak terlalu sering hidup mati.
  • Jika pada rumah anda ada tanki atap untuk menampung air, kedalaman tinggi air permukaan sumur bor anda sama seperti yang di atas (5 meter), dan kebutuhan air untuk rumah anda tidak terlalu banyak (keluarga kecil) serta daya listrik yang terpasang pada rumah anda hanya 1300 watt, lebih baik anda juga menggunakan pompa semi jet pump, walaupun bisa menggunakan pompa sumur dangkal. Karena debit air yang disemburkan oleh pompa semi jet pump lebih banyak dibandingkan pompa sumur dangkal (liter/detik), sehingga tanki air anda akan lebih cepat penuh dengan demikian anda telah berhemat dalam pemakaian listrik. Gunakan Radar, alat otomatis yang dapat memutus arus listrik ke mesin pompa berdasarkan tinggi rendahnya air di dalam tanki atap anda.

Back To Top