Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Merawat atau Membersihkan AC

Mungkin anda pernah menemui kondisi, seperti AC kurang dingin, suara AC terlalu berisik, air menetes-netes pada indoor unit, atau setiap menyalakan AC udara malah terasa lebih kotor.
Kondisi ini menunjukkan kalau AC anda sudah waktunya dibersihkan atau diservis. Sebagian dari kita masih suka mengabaikan perawatan, padahal semakin cepat ditangani, resiko kerusakan AC jadi semakin kecil. AC yang kurang dingin biasanya membuat kita terus menurunkan suhu, ini berarti kebutuhan listriknya juga semakin besar.
Membersihkan AC
Membersihkan AC

Membersihkan perangkat AC menjadi salah satu cara untuk melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan rutin atau secara berkala pasti akan membuat AC anda awet dan tetap dingin. Untuk melakukan perawatannya anda bisa memakai jasa servis AC. Jika hanya sekedar membersihkan kotoran dan debu pada AC, saat ini tarifnya sekitar Rp. 60.000 - Rp. 75.000. Namun, bila ada bagian atau komponen AC lainnya yang rusak dan perlu diganti, tarifnya juga akan bertambah sesuai dengan tingkat kerusakan tadi.

Daripada memboroskan uang, lebih baik mencoba melakukan perawatan AC secara rutin sendiri. Perawatan yang bisa dilakukan sendiri adalah membersihkan indoor unit dan outdoor unit.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan saat membersihkan AC:
  1. Cuci Filter
  2. Bersihkan Evaporator
  3. Bersihkan Unit Outdor
Cuci Filter
Buka penutup AC, anda akan melihat filter AC. Filter ini menyaring kotoran-kotoran di yang ada di sekitar ruangan. Kotoran pada filter menghalangi keluarnya udara dari AC sehingga proses pendinginan menjadi lebih lama.
Lepaskan filter AC lalu cuci dengan air bersih, lalu keringkan.

Bersihkan Evaporator
Bila anda membuka indoor unit, maka akan tampak evaporator. Kotoran yang menempel dan menyumbat membuat evaporator tidak bekerja optimal sehingga dinginnya kurang terasa.
Bersihkan evaporator dengan semprotan air yang bertekanan, semakin kuat semprotan airnya semakin bagus. Namun sebelumnya anda harus memasang plastik untuk penampung tetesan air saat membersihkan.

Bersihkan Unit Outdoor
Outdoor unit atau dikenal juga dengan kompresor AC dapat dibersihkan dengan semprotan air yang bertekanan juga. Semakin kuat semprotan air yang digunakan akan semakin baik.

Untuk menjaga keawetan AC di rumah anda, sebaiknya lakukan perawatan atau bersihkan AC minimal 1 kali setiap 4 bulan. Dengan demikian anda akan selalu mendapatkan suhu udara yang sejuk dari AC anda.

Back To Top