Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Pengetahuan Tentang Kaca

Hampir semua orang pasti tahu dengan kaca karena bisa dikatakan setiap orang dipastikan menggunakan kaca dalam kehidupan sehari-harinya. Mulai dari rumah tempat tinggal, peralatan makan dan minum, dan lain-lain. Namun demikian, tidak semua orang mengenal tentang apa sebenarnya material kaca itu. Pada tulisan pengetahuan tentang kaca ini akan dipaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan kaca.
Contoh aplikasi kaca
Contoh aplikasi kaca

Bahan dasar pembuat kaca adalah pasir silika atau pasir kuarsa, istilah kimianya adalah silikon dioksida (SiO2). Proses pembuatannya, pasir kuarsa dicampur dengan bahan kimia lainnya (seperti magnesium) dilebur kemudian didinginkan.
Dari proses pembuatannya itu, sangat banyak jenis-jenis kaca yang dihasilkan, tentu dengan adanya bahan tambahan lain sehingga terbentuklah bermacam-macam jenis kaca.

Pada rumah tinggal atau bangunan rumah, penggunaan kaca banyak diterapkan pada jendela, pintu, dinding, cermin, perabot (seperti lemari, meja), dan lain-lain.
Kaca yang biasa digunakan untuk jendela juga bermacam-macam jenis seperti kaca polos, kaca rayben, kaca stopsol, kaca tempered, kaca laminated. Masing-masing jenis kaca tersebut mempunyai spesifikasi tertentu yang dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika akan menggunakannya.
Seperti;
Menggunakan kaca tempered sebagai bahan untuk daun pintu. Kaca tempered ini dipilih agar tidak berbahaya apabila terjadi benturan yang keras sehingga mengakibatkan kaca pecah. Hal ini dikarenakan jika pecah, kaca tempered akan berbentuk butiran-butiran kecil.

Tag : Kaca, Material

Back To Top