Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Pintu Rumah

Sebagaimana diketahui bahwa rumah adalah sebuah bangunan atau tempat yang dibuat untuk menampung kegiatan dan melindungi penghuninya dari segala macam gangguan, baik itu gangguan cuaca atau alam maupun gangguan dari lingkungan sekitarnya. Hal ini terlihat pada setiap rumah terdiri dari lantai, dinding dan atap.
Dinding adalah sebagai pembatas antara ruang dalam dengan ruang luar. Namun, pada dinding juga terdapat pintu dan jendela yang menghubungkan penghuni rumah dengan lingkungan luar rumah.

Pintu rumah
Pintu rumah
Pintu adalah elemen dinding rumah yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi atau penghubung ruangan di dalam rumah dengan ruang luar. Berbeda dengan jendela, jendela walaupun juga sebagai penghubung antara ruang dalam dengan ruang luar, namun jendela tidak untuk dilalui. Jadi fungsi pintu selain pembatas juga sebagai penghubung.

Berdasarkan fungsinya itu, pintu harus dibuat mudah dibuka ketika ia berfungsi sebagai penghubung dan sulit dibuka ketika fungsinya kembali sebagai pembatas ruang atau pelindung penghuni rumah.


Bagaimana caranya?
Untuk membuat pintu mudah dibuka ketika ia menjalankan fungsinya sebagai penghubung atau tempat bersirkulasi, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut;
      - Pasang pintu sesuai dengan teknik pemasangan pintu.
      - Gunakan engsel yang berkwalitas baik.
Sedangkan untuk membuat pintu sulit dibuka atau sulit untuk dijebol ketika pintu tersebut berfungsi sebagai pembatas ruang atau pelindung penghuni rumah dari gangguan yang tidak diinginkan, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut;
      - Pilih pintu yang kuat dan kokoh.
      - Gunakan kunci pintu yang berkualitas baik.
      - Pasangkan aksesories pengaman pintu lainnya.


Tag : Artikel, Pintu

Back To Top