Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bermacam Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci mengkonsumsi dua macam energi, yaitu air dan listrik, jumlah pemakaian kedua hal tersbut bervariasi tergantung dari jenis mesin cucinya.
Ada 3 macam jenis mesin cuci yang dapat ditemui di pasaran yaitu: mesin cuci 2 tabung, top loader, dan front loader.

Mesin Cuci Top Loader dan Front Loader
Mesin cuci top loader dan front loader rata-rata sudah meminimalkan tenaga manusia. Mesin cuci tipe ini telah memiliki berbagai fitur, seperti bisa mengatur jumlah air yang diperlukan untuk cucian 1/2 penuh dan penuh, variasi pilihan suhu untuk mencuci dan membilas, kecepatan mencuci dan memutar yang beragam, dan secara otomatis meneluarkan pemutih atau pelembut pakaian.


Mesin cuci top loader
Mesin cuci top loader
Pada mesin cuci jenis ini, pakaian dimasukkan melalui bagian atas dengan membuka tutup. Setelah semua pakaian selesai dimasukkan maka anda perlu menutup bagian atasnya. Mesin cuci top loader bekerja dengan dua cara yaitu agitasi dan impeller. Mesin cuci tipe agitasi membersihkan pakaian yang dibantu dengan pemutar berbentuk tonjolan memanjang (ada di bagian tengah mesin cuci). Tipe impeller bekerja dengan memutar air, mirip seperti cara kerja kipas.
Harga yang jual mesin cuci tipe top loader ini berkisar Rp. 1,5 juta sampai dengan Rp. 3 juta tergantung juga dari fitur-fitur yang ditawarkan.

Mesin cuci front loader
Mesin cuci front loader
Mesin cuci tipe front loader ini bentuknya mirip seperti pengering pakaian, bukaanya ada di bagian depan untuk memasukkan pakaian. Sehingga mesin cuci jenis ini dianggap lebih efisien dalam kebutuhan ruang karena pada bagian atasnya bisa dimanfaatkan untuk meletakkan benda-benda lainnya.
Bahan bagian pintu dibuat dari bahan transparan sehingga anda bisa melihat pakaian di dalamnya. Car kerja mesin cuci front loader ini adalah dengan sistim putaran, dimana menggerakkan pakaian dengan merotasi tabung.
Harga mesin cuci tipe front loader memang lebih mahal dari pada mesin cuci tipe top loader.

Mesin Cuci 2 Tabung (Twin Tub)
Mesin cuci 2 tabung
Mesin cuci tipe ini memiliki 2 tabung terpisah untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Karena tabungnya berbeda, mesin cuci tipe ini bisa mencapai kecepatan putar yang lebih tinggi dan mengeringkan jauh lebih efektif dibandingkan dengan mesin cuci single tub. Jenis ini masih membutuhkan tenaga manusia yang lebih banyak karena harus memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung yang lain, kelebihannya, jenis ini sangat fleksible untuk berbagai metode pencucian dan relatif mudah pengoperasiannya. Untuk saat ini, harga yang jualnya berkisar Rp. 800 ribu sampai dengan Rp. 1,5 juta tergantung dari fitur-fitur yang ditawarkan.

Back To Top