Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bermacam Tipe Pintu Pagar

Berbagai macam tipe pintu pagar yang kita maksud disini adalah sistim bukaan yang diterapkan pada pintu pagar rumah anda. Sedangkan mengenai bentuknya tentu tampilan pintu pagar ini selaras atau seirama dengan bentuk pagar rumah anda.

Ada beberapa tipe bukaan pintu yang dapat atau digunakan untuk pintu pagar rumah, diantaranya:
  1. Tipe Pintu Ayun/Swing
  2. Tipe Pintu Dorong/Geser
  3. Tipe Pintu Lipat
1. Tipe pintu ayun/swing
Tipe pintu pagar yang memakai sistim ayun/swing ini sering dipakai untuk pintu pagar utama. Karena pintu tipe ini lebih mudah digunakan saat ingin membuka atau menutup pintu pagar dan tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga untuk melakukannya.
Arah bukaan dapat diatur sesuai kebutuhan atau kondisi di lapangan. Biasanya arah bukaan mengarah ke dalam agar memberi keleluasaan dan luas ruang saat menggunakannya.
Pintu ayun/swing menggunakan engsel yang dipasangkan pada salah satu sisinya yang berfungsi sebagai penggantung dan posor bukaan pintu. Jika pintu pagar anda terlalu berat, anda dapat menggunakan roda pada bagian bawah pintu agar engselnya bisa bertahan lebih lama.

2. Tipe pintu dorong/geser
Pintu dorong atau pintu geser banyak digunakan pada pintu pagar yang menjadi akses keluar masuk kendaraan (mobil) karena memerlukan bukaan pintu yang cukup lebar.
Yang perlu anda perhatikan pada saat membuat pintu pagar tipe dorong/geser ini adalah roda yang digunakan. Sebaiknya anda memakai roda yang berkualias bagus karena tumpuan beban pintu pagar anda tertumpu pada roda tersebut.
Selain itu tahap pengecoran rel atau bantalan harus dilakukan dengan baik dan betul-betul datar, supaya anda tidak mengalami kesulitan saat membuka atau menutupnya.

3. Tipe pintu lipat.
Tipe pintu pagar lipat sangat cocok diterapkan pada kondisi perkarangan rumah yang tidak memungkinkan untuk dipasang pintu dorong/geser karena tidak cukupnya tempat untuk memasang rel/bantalan.
Prinsip kerja tipe pintu lipat ini hampir sama dengan pintu ayun/swing, yang membedakannya pintu lipat ini terdiri dari gabungan beberapa keping pintu pagar yang saling terhubung satu sama lainnya. Selain menggunakan roda untuk menahan beban berat pintu pagar, anda harus menggunakan rel agar pintu tetap pada jalurnya saat dibuka atau ditutup.


Pintu pagar ayun atau swing
Pintu pagar ayun atau swing

Pintu pagar dorong atau geser
Pintu pagar dorong atau geser

Pintu pagar lipat
Pintu pagar lipat

Gabungan pintu ayun dengan pintu dorong
Gabungan pintu ayun dengan pintu dorong


Tag : Pagar

Back To Top