Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Buatlah Grounding Instalasi Listrik Rumah

Pemasangan grounding sering kali terlupakan, padahal fungsinya sangat penting terutama pada rumah yang berada di lingkungan perumahan yang padat.
Grounding memiliki fungsi yang penting, yaitu sebagai pengaman terhadap tegangan sentuh saat ada instalasi listrik yang bocor selain itu grounding juga meminimalisir resiko akibat sambaran petir.

Sebenarnya jika petir menyambar instalasi PLN yang ada di atas tanah (sekalipun jauh dari rumah anda), petir sudah diproteksi oleh Arrester yang terpasang pada instalasi PLN. Namun, karena tidak seluruh petir dapat diserap Arrester, maka ada sisa petir yang disebut lidah petir/anak petir yang berpotensi dapat merusak peralatan listrik yang tersambung akan ke instalasi listrik di dalam rumah anda.
Jika kabel TV yang sedang terpasang di stop kontak, kemudian ada petir menyambar, TV dapat berpeluang terbakar. Orang yang berada di depan TV juga dapat beresiko ikut tersambar petir.
Kalau stop kontak tidak dalam keadaan kosong (tidak ada peralatan yang terpasang di situ), terkadang pada lubang stop kontak keluar bunga api.


Spesifikasi Pemasangan Grounding.
  1. Pengamanan Tegangan Sentuh. Jika grounding ditujukan sebagai pengaman terhadap tegangan sentuh, tahanan pentanahan maksimal 5 Ohm.
  2. Memperkecil Resiko Tersambar Petir. Jika pemasangan grounding diharapkan untuk memperkecil resiko akibat sambaran petir, tanahan pentanahan lebih kecil dari 1 Ohm (sama dengan spesifikasi untuk grounding Penangkal Petir).
Cara Membuat Grounding Sendiri.
Cara yang paling sederhana untuk membuat grounding adalah memanfaatkan instalasi tiang/kolom beton yang ada di setiap dinding rumah.
Besi beton yang ada di kolom, bagian bawahnya selalu menyentuh tanah sehingga tahanan pentanahannya berkisar kecil dari 1 Ohm dan maksimal 5 Ohm, tergantung kedalaman pondasi, jumlah tiang/kolom, dan jenis tanahnya.
Biasanya pada ujung kolom bagian atas terlihat besi beton tadi. Nah, pada besi beton inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai grounding rumah anda.

Back To Top