Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Material Untuk Pagar

Sebagai elemen estetika dan pengaman rumah, yang dapat mencerminkan kesan terhadap rumah itu sendiri, pagar dibuat atau seberagam mungkin. Material yang digunakan untuk membuat pagar pun terdiri dari berbagai macam jenis material sehingga menciptakan bentuk atau tampilan pagar yang unik dan berbeda.

Adapun material yang dapat digunakan untuk membuat pagar adalah sebagai berikut:
  1. Besi atau Logam
  2. Beton
  3. Kayu
  4. Batu Alam
  5. Bambu
  6. Tanaman
  7. Batubata Ekspos atau Roster
1. Besi atau Logam
Material besi atau logam merupakan material favorit yang digunakan untuk membuat pagar. Hal ini disebabkan karena logam memiliki kekuatan dan keawetan yang cukup tinggi. Dan juga logam mudah dibentuk sesuai keinginan pemilik rumah sehingga tampilannya bisa berbeda antara pagar yang satu dengan pagar yang lainnya.
Misalnya, untuk rumah klasik, pagar yang dibuat dari logam dapat dibentuk menjadi lekukan-lekungan tertentu, biasanya untuk membentuknya besi logam ditempa.
Sedangkan untuk rumah minimalis dapat menggunakan besi atau logam yang lurus yang membentuk garis vertikal atau horintal.
Selain itu, material logam tergolong mudah untuk difinishing (di-cat) sesuai warna keinginan penghuni rumah sehingga material ini tetap bertahan sebagai bahan favorit untuk membuat pagar.

2. Beton
Material ini terbilang praktis, awet dan kokoh. Itulah yang membuat material ini juga menjadi favorit untuk digunakan untuk membuat pagar, walaupun harganya cukup mahal.
Pemakaian pagar beton akan menciptakan kesan yang solid dan tertutup, untuk membuatnya sedikit lebih ringan, ada bagian-bagian dinding pagar beton yang sengaja dibuat coakan atau lubang.
Bagi pemilik rumah yang mengutamakan faktor keamanan cenderung memilih pagar beton untuk memagari rumahnya.

3. Kayu
Material pagar yang terbuat dari kayu cenderung dipakai oleh pemilik rumah untuk menampilkan kesan atau karakter rumahnya.
Tentu anda bertanya, bagaimana terhadap keawetannya? Karena pagar sudah pasti akan menerima terpaan hujan dan panas secara langsung tanpa ada sesuatu yang menghalanginya.
Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menggunakan kayu kelas satu yang tergolong tahan terhadap cuaca seperti kayu damar laut, kayu jati dan merbau.
Finishing yang tepat terhadap pagar kayu juga menjadi faktor penentu keawetan pagar tersebut.
Selain itu, saat ini anda juga dapat menggunakan material buatan pabrik yang sengaja dibuat hampir seperti kayu namun tahan terhadap terpaan cuaca hujan atau panas karena terbuat dari fiber cement.

4. Batu Alam
Material batu alam yang digunakan untuk membuat pagar saat ini banyak diminati. Hal ini karena kesan alami yang ditimbulkan ketika menggunakan bahan ini.
Banyak jenis batu alam yang bisa digunakan sebagai bahan untuk pagar, namun yang umum digunakan adalah batu candi dan batu kali.
Keragaman ukuran batu kali membuatnya bisa dibuat berbagai macam motif tertentu. Dan untuk membuat tampilan lebih menarik, pagar batu alam cukup di-coating.

5. Bambu
Bambu merupakan salah satu material yang berpotensi untuk diolah untuk menjadi pagar. Biasanya ketika menggunakan bambu sebagai bahan untuk pagar, diperlukan rangka struktur sebagai pengikat agar pagar bambu menjadi lebih solid.

6. Tanaman
Bagi pecinta tanaman, mempunyai pagar yang terbentuk dari susunan tanaman tentu menjadi sebuah obsesi. Perlu diakui bahwa pagar tanaman tentu akan membuat suasana rumah lebih alami.
Jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pagar adalah jenis tanaman berdaun kecil yang relatif rimbun, tidak terlalu tinggi, dan batangnya tidak terlalu besar.
Dari segi faktor keamanan, pagar tanaman memang tidak dapat dihandalkan. Oleh sebab itu bagi rumah yang berada di luar komplek perumahan tanpa security sebaiknya mengurungkan niat untuk menggunakan pagar ini.

7. Batubata Ekspos atau Roster
Pagar yang menggunakan bahan batubata ekspos atau roster akan memberikan kesan yang alami dan segar. Pagar ini memang memerlukan perawatan yang cukup sulit karena pada batubata ekspos cenderung akan mudah tumbuh lumut.

Pagar Batubata
Pagar Batubata

Pagar Besi Tempa
Pagar Besi Tempa

Pagar Beton
Pagar Beton

Pagar Kayu
Pagar Kayu

Pagar Roster
Pagar Roster

Pagar Tanaman
Pagar Tanaman

Tag : Pagar

Back To Top