Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Rumah Hemat Energi

Menghemat energi pada rumah anda bukan hanya berdampak pada penghematan biaya yang anda keluarkan tetapi juga merupakan suatu perbuatan yang sangat baik karena anda telah ikut serta dalam menjaga kelestarian hidup di bumi.

Penerapan hemat energi pada rumah dapat dilakukan dengan memastikan setiap sudut rumah mendapat cahaya yang cukup sepanjang hari sehingga tidak perlu menyalakan lampu. Tetapi, sinar cahaya matahari juga menghasilkan panas. Agar suhu udara di dalam rumah tetap nyaman, maka panasnya suhu ruangan tersebut harus kita kelola. Suhu atau tempratur di dalam rumah yang ideal adalah sekitar 25 derajat Celcius, pada suhu ini dipastikan bahwa penghuni rumah akan merasakan kenyamanan dalam beraktivitas.

Hemat energi dapat dilakukan pertama kali adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan peralatan yang menggunakan energi listrik. Pemakaian listrik (lampu) dan peralatan rumah tangga lainnya pada rumah membutuhkan energi yang cukup banyak.
Kemudian, untuk mendapatkan suhu udara yang nyaman pada ruangan rumah dapat dilakukan dengan membuat sirkulasi udara yang baik pada rumah anda. Jika anda mampu membuat sirkulasi udara dengan baik dan benar, anda mungkin perlu menggunakan kipas angin atau AC sekalipun di rumah anda atau hanya sesekali saja pada keadaan tertentu.

Back To Top