Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Pagar Rumah

Pagar adalah salah satu unsur atau elemen yang terdapat pada sebuah rumah tinggal yang terletak di bagian depan halaman sebuah rumah atau mengelilingi rumah tersebut. Pagar bisa mencerminkan atau membentuk citra bagi penghuni rumah. Ketika melihat pagar sebuah rumah, maka pikiran orang yang melihatnya akan langsung menafsirkan atau menangkap kesan kesan dari desain yang ditampilkan dari pagar tersebut.

Apa Fungsi Pagar?

Dulu, pagar digunakan hanya untuk sebagai pembatas properti dan sebagai pengaman bagi penghuni rumah dari lingkungan luar. Namun saat ini, kehadiran pagar justru menciptakan kesatuan kesan dan citra yang kuat untuk sebuah rumah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi pagar:
  1. Pembatas Properti.
  2. Unsur Pengaman Bangunan
  3. Elemen Estetika
1. Pembatas Properti
Pagar sebagai pembatas properti berguna untuk menghindari terjadinya kekeliruan atau kesalahpahaman terhadap batas area kepemilikan di kemudian hari.
Pada masa lalu, orang menggunakan tali, kawat atau kayu sebagai penanda atau pembatas area propertinya.

2. Unsur Pengaman Bangunan
Fungsi pagar sebagai unsur pengaman bangunan atau rumah merupakan salah satu tujuan penting yang diharapkan oleh penghuni rumah. Kehadiran pagar pada sebuah rumah akan memberikan rasa terlindungi atau mengamankan rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan (misalnya, maling).
Secara tidak langsung, keberadaan pagar akan mempersulit akses masuk ke dalam area rumah.
Dengan alasan faktor keamanan inilah maka pada saat ini banyak pagar yang dibuat semakin kuat dan kokoh.

3. Elemen Estetika
Elemen estetika yang dimaksud di sini adalah kesan yang ditimbulkan oleh pagar tersebut terhadap bangunan atau rumah yang dipagarinya. Untuk mewujudkan ini, biasanya desain pagar diselaraskan dengan bentuk atau konsep rumah yang berada di dalamnya. Akan sangat ganjil rasanya bila sebuah rumah model klasik memiliki pagar yang berkonsep minimalis.

Pagar pembatas properti
Pagar pembatas properti

Pagar sebagai elemen estetika
Pagar sebagai elemen estetika

Pagar sebagai pengaman rumah
Pagar sebagai pengaman rumah

Tag : Pagar

Back To Top