Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Septictank Siap Pakai (Instan)

Dulu tangki septiktank di rumah basanya dibuat sendiri oleh pemiliknya atau dengan bantuan pemborong. Selain memakan lahan yang relative luas, persoalan pada septictank buatan adalah spesifikasinya tangki sering tidak memenuhi syarat. Yang dibuat sekedar lubang dilengkapi beberapa pelapis seperti ijuk dan kerikil yang tidak mampu mengurai tinja. Akibatnya, walaupun jarak tangki septik cukup jauh dari sumur (lebih dari 10 m), air tanah tetap tercemar bakteri e-coli dari tinja. Padahal, bakteri itu sama sekali tidak boleh ada pada air yang dikonsumsi manusia karena sangat berbahaya.

Persoalannya makin rumit karena di kota-kota besar orang makin sulit memenuhi persyaratan jarak antara septictank dan sumur itu akibat lahan yang kian terbatas. Dari situlah kemudian muncul inovasi tangki septik instan yang tinggal pasang, tidak butuh areal luas, tidak perlu area resapan dan tidak harus memperhitungkan secara ketat ketentuan jarak dari sumur. Di Jakarta penggunanan tangki septik instan sudah mulai diwajibkan pada rumah-rumah baru.

Anda yang ikut bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan sebaiknya juga memakainya. Produknya sudah bisa diperoleh di pasaran. Ada yang terbuat dari fiberglass seperti Biofil ada pula yang dari beton seperti Smartbiosept. “Dengan menggunakan septictank instan, anda hanya tinggal menggali tanah, langsung tanamkan tangkinya tanpa khawatir akan mencemari air tanah. Tangki tidak akan terapung oleh tekanan air ke permukaan,” kata Marliana, Sales Manager PT Induro International, produsen Biofil, merk dagang spectictank instan pertama di Indonesia.
septictank instan Biofil

Biofil diproduksi berdasarkan hasil riset Pusat Litbang Pemukiman Departemen Pekerjaan Umum. Induro juga menawarkan septictank instan lainnya dengan merek Biotank. Sementara Smartbiosept dihasilkan dari kerjasama dengan sebuah universitas negeri. “Dengan bahan beton tangki septik menjadi sangat kuat, tidak mudah bergerak jika sewaktu-waktu, tekanan air dalam tanah meningkat,” kata B Pascal Prijana, Technical Manager PT Duta Sarana Perkasa, produsen Smartbiosept.

Manfaat Disinfektan dan Bola Duri
Septictank instan dilengkapi bakteri pengurai dan sistem filterisasi untuk membersihkan air dari tangki, sehingga aman diresapkan ke tanah atau dilepas ke selokan. Tangki septik instan disebut anti bocor, tidak meruapkan bau dan anti mampet. Dengan bantuan bakteri pengurai itu, yang bisa diolah di septictank instan bukan hanya kotoran dari kloset (black water) tapi juga air bekas cucian dari dapur, wastafel dan kamar mandi (grey water).

Septictank instan didesain dengan tiga kompartemen (ruang) dilengkapi media kontak sebagai rumah pengembang-biakan bakteri pengurai. Setiap produsen mengemukakan kinerja bakteri pengurai itu sebagai keunggulan.
Untuk black water proses penguraian dimulai saat kotoran masuk ke ruang pertama. Di sini kotoran disaring lalu secara gravitasi dialirkan ke ruang kedua. Di ruang kedua yang juga dilengkapi media kontak, kotoran diurai lagi sebelum dilepas ke ruang ketiga. Di sini pun terdapat media kontak yang mengurai kotoran secara sempurna.
Setelah itu air dari tangki sudah bisa dibuang ke selokan sepanjang sudah melalui tabungd isinfektan. Kalau tabung filterisasi ini tidak diaktifkan, air dari tangki septik bisa dimanfaaatkan untuk menyiram tanaman tapi tidak disarankan dialirkan ke selokan umum. Bentuk airnya sudah relatif jernih dan sama sekali tidak berbau.

Pada septictank instan dari fiberglass media kontak untuk mengembang-biakkan bakteri pengurai berbentuk bola duri. Rata-rata umur bakteri pengurai itu hanya satu minggu sebelum akhirnya mati. Sebelum mati bakteri akan membelah diri dari satu menjadi dua, dua menjadi empat dan seterusnya. Dengan media kontak bola berduri, pembelahan bakteri itu berlangsung lebih pesat sehingga sangat efektif membersihkan air kotor di tangki septic. Karena itu septictank instan fiberglass tidak mengadopsi tabung disinfektan.

Lama-lama jasad renik atau bakteri yang sudah mati tersebut akan menumpuk membentuk sedimentasi di bagian bawah tangki. Bila sedimentasi sudah padat, tangki harus disedot atau dikuras. Tanda-tanda sedimentasi terlihat saat air yang keluar dari tangki sudah tidak bening. “Biasanya penguraian dilakukan setelah 15 tahun. Kalau ada septictank instan yang diklaim tidak perlu penyedotan, itu tidak mungkin,” tegas Marliana.

Tag : Material

https://benepradipta17.wordpress.com/2016/10/27/182/
Pascal prijana yang tidak becus ngajarin anknya arti tanggungjawab

Back To Top