Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Tirai Penutup Jendela

Secara teori, tirai penutup jendela yang terpasang di dalam ruangan umumnya kurang efektif dibandingkan dengan yang dipasang di bagian luar ruangan jika tirai penutup jendela tersebut diharapkan berfungsi untuk mengurangi panas sinar matahari, karena jumlah panas yang diserap biasanya dilepaskan kembali ke dalam ruangan.
Anda mungkin pernah melihat atau mengetahui bahwa beberapa waktu lalu, banyak rumah di Indonesia yang menggunakan tirai yang terbuat dari bambu yang dipasangkan pada bagian teras rumah. Tirai bambu tersebut sangat besar manfaatnya untuk menghalangi panas sinar matahari dan gangguan cuaca di saat hujan deras berangin. Dan memang harus diakui bahwa dalam penggunaan cukup repot ketika mau menaik dan menurunkan gulungan tirai serta mengikatkan agar bisa menghambat terpaan angin saat hujan deras.

Kembali pada tirai penutup jendela yang dipasang di dalam ruangan, walaupun demikian, tirai penutup jendela ini memiliki manfaat dalam mengatur cahaya yang masuk ke dalam ruangan, dapat memberikan privasi kepada penghuni dan menjadi elemen dekoratif interior pada ruangan yang dipasangkan tirai penutup jendela.

Sekarang ini telah bermunculan berbagai macam produk tirai penutup jendela bisa ditemui di pasaran. Berbagai kelebihan ditawarkan produsen, diantaranya lebih praktis dan ringan, dimana anda dapat membuka  dan menutup tirai tersebut dengan mudah.
Hal ini berbeda dengan tirai penutup jendela yang masih menggunakan curtain (lebih dikenal dengan sebutan gorden), yang cenderung masih terlihat tradisional dan memerlukan bahan yang berlapis-lapis.



Secara umum, jenis tirai penutup jendela terbagi atas 2 jenis, yaitu: tirai penutup jendela vertikal dan horizontal.
Seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin beragamnya material pembuatnya, maka saat ini tirai penutup jendela banyak dikenal dengan istilah sebagai berikut:
  1. Vertical Blind
  2. Horizontal Blind
  3. Window Shading
  4. Wood Blind
  5. Roller Blind/Sunscreen
  6. Modern Roman Shades
  7. Honeycomb Shades
1. Vertical Blind
Vertical BlindMeterial penutup yang diaplikasikan pada tirai penutup jendela vertikal ini biasanya menggunakan bahan kain. Tirai penutup jendela terlihat jatuh begitu ringan. Berbentuk seperti susunan sirip yang menggantung dengan sisi terpanjang yang jatuh vertikal ke bawah.
Tirai penutp jendela jenis ini sangat cocok untuk bukaan jendela yang cenderung besar dan terbuka lebar. Sehingga kesan ruangan pun menjadi terlihat lebih tinggi.
Beberapa jenis sirip tirai penutup jendela ini dapat dipilih sesuai kebutuhan. Ada yang menggunakan kain yang tidak tembus pandang. Sehingga anda benar-benar dapat mempergelap kamar atau mengatur filter terhadap cahaya sinar matahari yang masuk kedalam ruangan.

2. Horizontal Blind
Horizontal Blind
Tirai penutup jendela horizontal merupakan jenis tirai modern yang populer saat ini. Terbentuk dari material tipis yang menyerupai sirip yang disusun berjajar secara horizontal. Beberapa jenis material terbuat dari kain, kayu, bambu, plastik dan alumnium. Kesan yang ditimbulkan dengan menggunakan tirai penutup jendela horizontal ini adalah simpel dan modern, garis horizontal yang terbentuk dapat mengurangi kesan tinggi pada ruangan yang terlalu jangkung.

3. Window Shading
Tirai penutup jendela ini berbahan kain (fabric) dan memiliki ukuran bilah sirip berkisar 5 cm hingga 10 cm. Sedangkan untuk ukuran lebarnya dapat diminta sesuai dengan lebar ukuran jendela anda.
Kelebihan jenis ini adalah anti moire, yaitu dari sisi dalam dapat melihat ke luar secara jernih, hal ini dikarenakan dengan adanya lapisan (sheer) mirip vitrase yang transparan.

4. Wood Blind
Wood Blind
Material yang digunakan biasanya memakai kayu ramin. Selain lebih ringan, juga tidak mudah melengkung, sehingga bentuknya selalu terlihat presisi. Lebar sirip bilah tirai penutup jendela yang terbuat dari kayu ini ada yang berukuran 3,5 cm dan 5 cm.
Warna kayu yang ditawarkan oleh produsen pun sangat beragam, mulai dari warna cerah sampai yang berwarna gelap. Namun pada umumnya finishingnya tetap menampilkan keaslian kayunya.
Kesan yang ditimbulkan dengan menggunakan wood blind ini adalah modern namun terasa alami.

5. Roller Blind/Sunscreen
Roller Blind
Sesuai dengan namanya, roller blind merupakan tirai gulung yang berbentuk lembaran yang dilengkapi dengan alat penggulung yang terletak di bagian atasnya.
Tirai penutup jendela ini terbuat dari bahan fiberglass atau polyester. Kelebihannya yaitu tirai penutup jendela jenis ini anti jamur, anti bakteri, tahan api serta warnanya yang tidak akan berubah.

6. Modern Roman Shade
Modern Roman Shades
Jenis tirai penutup jendela ini menggunakan bahan kain yang memiliki bentuk berlipat-lipat. Bahkan ketika saat sedang dinaikturunkan, tirai penutup ini tetap terlipat secara sempurna.
 Anda dapat menaikkan atau membuka bagian tirai penutup sebagaimana yang anda perlukan, mau bagian atas atau bagian bawah atau bahkan keduanya.
Tampilan jendela tetap bersih dan tidak menghalangi jendela, karena saat seliruh tirai ditarik, lipatan-lipatan itu tertarik secara sempurna dan tersimpan rapi pada alat penggulung yang berada di bagian atas jendela.

7. Honeycomb Shades
Honeycomb Shades
Tirai penutup jendela jenis ini merupakan tirai yang berbahan kain berongga. Tirai ini dapat menghemat energi, karena juga berfungsi sebagai insulasi yang dapat menangkap udara yang ada di dalam ruangan dan juga menyerap panas. Sehingga saat dingin tetap bisa menghangatkan. Dan di saat panas, tidak akan terasa terlalu panas. Kelebihan lainnya yaitu dapat menyerap suara hingga 70 % dari kebisingan yang ada.

Tag : Artikel, Jendela

Back To Top