Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Lemari (Wardrobe)

Kebutuhan lemari pada saat ini tidak terbatas hanya untuk menyimpan pakaian saja. Saat ini, sesuai dengan kebutuhannya, lemari juga digunakan untuk menyimpan perhiasan, tas, bahkan sepatu.
Hal itu yang menyebabkan desain lemari saat ini dibuat untuk mampu menampung kebutuhan tersebut.

Ada berbagai macam konsep atau kategori yang diterapkan ketika akan membuat tempat menyimpan pakaian atau lemari (wardrobe) yang dapat ditemui saat ini, diantaranya: lemari biasa, lemari tanam dan ruangan pakaian.
Lemari biasa dikenal juga dengan istilah free standing adalah sebuah lemari yang dibuat persegi yang biasanya ditempatkan menempel pada dinding. Lemari ini dapat dipindah-pindahkan.
Lemari tanam adalah sebuah lemari yang terbentuk dengan membuat cekukan pada dinding sehingga pintu lemari tersebut sama rata dengan dinding.
Ruangan pakaian adalah sebuah ruangan khusus yang dibuat sedemikian rupa yang berisikan beberapa lemari, lebih dikenal dengan istilah walk-in wardrobe. Dimana pada ruangan ini juga terdapat tempat-tempat penyimpanan untuk barang-barang lainnya seperti, perhiasan, tas, topi, sepatu dan lain-lain.

Sebuah pabrik lemari yang cukup ternama, membedakan lemari berdasarkan bukaan pintu lemari. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:



Berapakah Ukuran Lemari?
Ukuran tinggi dan lebar lemari sangat beragam, namun untuk ukuran tebal atau kedalaman lemari adalah 61,6 cm (ukuran terluar).

ukuran tinggi lemari
ukuran tinggi lemari

ukuran lebar lemari
ukuran lebar lemari

ukuran ketebalan sebuah lemari
ukuran ketebalan sebuah lemari


Tag : Lemari, Perabot

Back To Top