Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Atap Genteng Metal Berpasir

Atap genteng metal berpasir adalah atap yang terbuat dari baja yang dilapisi dengan Zinc dan Aluminium serta bahan-bahan lainnya yang berfungsi untuk memastikan kekuatan dan daya tahan atap genteng metal tersebut terhadap cuaca ekstrim sekalipun. Bahan-bahan lain yang ditambahkan pada genteng metal juga berfungsi untuk menambah performa atap tersebut, seperti halnya dengan atap genteng metal berpasir dimana pada genteng metal tersebut ditambahkan lapisan yang terdiri dari butiran-butiran pasir yang bisa menambah kualitas atap (meredam panas sinar matahari dan meredam suara bunyi hujan).


Lapisan butiran pasir yang terdapat pada atap genteng metal adalah pasir silika dengan ukuran yang halus. Lapisan butiran pasir ini diaplikasikan dengan menggunakan teknologi canggih dan kemudian dilindungi lagi dengan lapisan tertentu (acrylic) sehingga butiran pasir tersebut tidak mudah terlepas.

Mengenai harga, memang harga atap genteng metal berpasir sedikit lebih mahal dari atap genteng metal biasa, saat ini selisihnya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per lembarnya. Dan biasanya ketebalan material dasar atap genteng metal berpasir juga lebih tebal dari atap genteng metal biasa, ketebalan atapnya adalah 0,4 mm.

Kelebihan atap genteng metal berpasir:
  1. Suhu udara di dalam ruangan bangunan atau rumah lebih terasa sejuk dibandingkan dengan menggunakan atap genteng metal biasa karena selain adanya lapisan butiran pasir, juga dikarenakan ketebalan atapnya sendiri.
  2. Ketika hujan deras, suara air hujan yang jatuh ke atap tidak terlalu berisik dibanding dengan atap genteng metal biasa.
  3. Tampilan atap yang merupakan mahkota bangunan atau rumah Anda lebih elegan dan menarik. Atap genteng metal yang dilapisi dengan butiran pasir warnanya tidak berkilat sehingga tidak membuat mata silau.

Tag : Atap

Back To Top