Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Atap uPVC, Menahan Panas dan Meredam Suara

Masalah yang paling sering dijumpai ketika berbicara tentang atap adalah bocor, panas, warna atap pudar, terlalu berat, mahal dan lain-lain. Hal ini adalah sebuah tantangan bagi para produsen untuk membuat jenis atap yang mampu memberikan solusi kepada konsumen.
Salah jenis atap yang dapat dijadikan pilihan untuk melindungi bangunan atau properti lainnya saat ini adalah atap gelombang yang terbuat dari uPVC.

Apakah sama dengan atap kanopi car port?
Atap uPVC ini berbeda dengan atap polycarbonate. Atap polycarbonate dijual dalam bentuk gulungan sedangkan atap uPVC ini dijual dalam bentuk lembaran dengan ukuran 885 mm x 11,900 mm dan dan dengan ketebalan 10 mm menunjukkan bahwa ini atap sangat kuat dan tidak bisa digulung.
Atap uPVC Alderon
Atap uPVC Alderon

Contoh di atas adalah atap uPVC yang dibuat oleh salah satu pabrik. Mereka melabelnya dengan nama Alderon. Atap ini dibuat dari bahan uPVC dengan formula terbaik dan diproses dengan mesin extrusi yang mutakhir. Atap uPVC Alderon dibuat berongga (twinwall corrugated) dengan ketebalan 10 mm sehingga selain bisa mereduksi hawa panas dan meredam bunyi hujan, atap ini juga sangat kuat dan ekonomis dalam penggunaan reng rangka atap (jarak reng = 1200 mm).
Anatomi atap uPVC Alderon
Anatomi atap uPVC Alderon

Dilihat dari sisi anatomi atap uPVC Alderon, dimana pada bagian pinggirnya terdapat “anti leakage coupling system” yang didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan ketika menyambung atap dan dijamin tidak akan ada kemungkinan air merembes atau bocor.
Struktur atap yang berongga, menjadikan atap ini mampu menahan panas dan meredam suara. Karena udara adalah penahan panas alamiah yang sangat baik. Rongga udara yang didesain secara khusus pada struktur atap Alderon dan bahan baku pembuat Alderon yang bersifat penghantar panas yg rendah menjadikan atap ini sebagai penghambat panas yang baik. Dua kombinasi tersebut mampu mengurangi panas yang mencoba masuk secara signifikan, membantu menstabilkan temperatur di ruangan, menghemat biaya listrik, sekaligus menghemat biaya instalasi atap anda. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memasang aluminium foil di bawah atap anda.
Rongga udara Alderon juga membantu mengurangi suara dari luar, terutama saat hujan deras. Tes laboratorium menunjukan bahwa atap uPVC Alderon yang tebalnya 10 mm bisa mengurangi suara yang masuk hingga 27% (ASTM E90).




Apabila pemasangan atap sesuai dengan intruksi yang dianjurkan, misalnya ketika panjang overlap sambungan atap 200 mm maka atap uPVC ini dapat dipasangkan pada kemiringan sudut atap 10°.
Overlap atap uPVC
Overlap atap uPVC


Keunggulan atap uPVC:
  1. Atap uPVC tidak mudah terbakar. Api yang membakar atap UPVC akan mati dengan sendirinya begitu sumber api pembakar dijauhkan dari atap tersebut.
  2. Karena dibuat dari formula yang khusus, permukaan atap uPVC sangat mudah dibersihkan, Anda hanya perlu menyemprotkan air ke permukaan atap uPVC untuk membersihkannya.
  3. Mudah dalam pemasangan, atap uPVC dapat dipotong dengan menggunakan alat yang sangat sederhana, seperti pisau biasa.
  4. Atap uPVC diperkuat dengan formula pelindung UV, yang melindungi atap dari sinar Ultra Violet dan cuaca yang tidak menentu, membuatnya tahan lama, tidak mudah pecah, dan menjaga warna atap tetap indah untuk jangka waktu yang lama.
  5. Menahan panas dan meredam suara.
  6. Ekonomis. Hemat terhadap struktur rangka atap karena jarak antara reng = 1200 mm.

Tag : Atap

Back To Top