Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bermacam Jenis Kunci Pintu Rumah

Bermacam jenis kunci pintu rumah banyak ditemui di pasaran. Keberagaman bentuk atau jenis kunci ini dibuat sesuai dengan kebutuhannya namun tidak banyak konsumen yang mengetahui atau memahami jenis kunci apa dan pada pintu rumah yang mana kunci pintu itu dipasangkan.

Berikut ini beberapa contoh jenis atau tipe kunci pintu rumah:

1. Mortise Door Handle-Sets
Kunci pintu jenis ini cocok dipasangkan pada pintu depan (pintu masuk).
Bentuk plat kunci pintu tipe handle set ini berbeda antara bagian dalam dengan bagian dalam pintu. Untuk bagian luarnya terdapat lubang anak kunci dan untuk membuka pintu anda dapat menekankan jempol jari anda pada tuas yang terdapat di atas handle kunci. Sedangkan pada bagian dalam pintu tidak terdapat lubang kunci, untuk mengunci pintu anda cukup memutar knob yang terdapat di atas handle pintu.
Elegance-Mortise-Door-Handle-Set
Elegance-Mortise-Door-Handle-Set

Mortise lock case
Mortise lock case
Kunci pintu jenis ini cocok dipasangkan pada pintu depan (pintu masuk), karena ketika sudah berada di dalam rumah, anda tidak perlu repot lagi harus memasukkan anak kunci ke dalam lubang, cukup putar knob-nya maka pintu akan terkunci.

2. Medium Duty Tubular Lever Handle-Sets
Kunci pintu ini memiliki handle tuas yang sama antara bagian luar dengan bagian dalam pintu. Kunci pintu ini menawarkan kemudahan dan kenyaman saat membuka pintu. Pada handle bagian luar terdapat lubang untuk anak kunci sedangkan pada bagian dalam terdapat knob putar yang berfungsi untuk mengunci pintu.
medium duty tubular lever handle-sets
Medium duty tubular lever handle-sets
Kunci pintu ini dapat digunakan pada pintu-pintu yang terdapat di dalam rumah seperti pintu kamar yang memerlukan tingkat keamanan tertentu (kamar tidur utama). Dan bisa juga dipasangkan pada pintu depan (pintu masuk) terutama pada rumah-rumah yang tergolong menengah ke bawah.

3. Standard Duty Lever Handle-Sets
Jenis kunci pintu ini hampir sama dengan jenis medium duty lever handle sets, yang membedakannya adalah pada kunci pintu ini tidak terdapat lubang anak kunci. Kunci pintu ini hanya berfungsi sebagai alat atau pegangan untuk membuka dan menutup pintu. Jika anda ingin pintu agar bisa terkunci, anda harus menambahkan gerendel pada bagian mana yang hendak anda kunci.
Standar-door-lever-handle-set
Standar-door-lever-handle-set
Kunci pintu ini pilihan ekonomis yang direkomendasikan untuk digunakan pada pintu kamar mandi, pintu gudang dan pintu internal lainnya.

4. Door Knob
Kunci pintu bulat dirancang dalam berbagai bentuk untuk memberikan solusi membuka pintu nyaman yang sesuai dengan tangan Anda. Tombol-tombol pintu ini adalah pilihan ideal bagi pengguna ekonomis, menawarkan berbagai tingkat keamanan, dari tugas berat, untuk menengah ke standar, yang mendukung berbagai macam fungsi dari pintu masuk ke penggunaan internal.
Door-Knob
Door-Knob
Kunci pintu ini sangat simple dan ekonomis dan direkomendasikan untuk digunakan pada pintu kamar mandi, pintu gudang dan pintu internal lainnya.

Dengan mengetahui beberapa jenis kunci pintu rumah ini diharapkan anda dapat memilih kunci pintu jenis apa yang akan anda pasangkan pada pintu-pintu rumah anda. Sehingga anda juga bisa berhemat karena memakai kunci yang sesuai dengan fungsinya.
Misalnya, jika putra-putri anda masih anak-anak sebaiknya untuk saat ini anda memasangkan kunci pintu kamar mereka dengan jenis kunci pintu standar (Standard Duty Lever Handle-Sets) sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa mereka akan terkunci dari dalam.


Back To Top