Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Setiap orang pasti tidak menyukai jika di dalam rumahnya ada nyamuk, selain risih, nyamuk juga bisa menjadi pemicu sumber penyakit. Memang saat ini banyak dijual berbagai macam obat nyamuk di pasaran, seperti obat anti nyamuk bakar, semprotan anti nyamuk, obat anti nyamuk elektrik, dan lotion anti nyamuk yang cukup dioleskan pada kulit.
Secara alami, Anda dapat mencegah nyamuk datang atau masuk ke rumah Anda dengan cara menanam jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Sehingga tidak perlu khawatir terhadap efek samping ketika menggunakan obat anti nyamuk.

Secara prinsip jenis tanaman pengusir nyamuk tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk tidak mau mendekatinya.

Berikut ini bebebapa contoh bermacam jenis tanaman pengusir nyamuk yang dapat anda tanam di rumah Anda baik di dalam maupun di luar rumah:

1. Lavender
Bunga Lavender
Bunga Lavender
Lavender adalah jenis tanaman berbunga yang dapat mengusir nyamuk. Bunga Lavender mengandung linalool dan lynalyl acetate yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Keampuhan bunga Lavender sebagai pengusir nyamuk terbukti dengan banyaknya pabrik obat anti nyamuk memakainya sebagai bahan dasar untuk obat anti nyamuk yang mereka produksi. Bunga Lavender juga sangat cantik, jadi selain mengusir nyamuk, kehadiran bunga lavender juga akan memperindah rumah Anda.

2. Serai Wangi
Serai Wangi
Serai Wangi
Di Indonesia tanaman Serai Wangi sudah tidak asing lagi karena sering digunakan sebagai bumbu dapur dan banyak ditemui di pekarangan rumah. Serai Wangi mengandung zat geraniol dan sitronelal yang tidak disukai oleh nyamuk. Jenis tanaman ini tidak cocok ditanam di dalam pot, tanaman ini bisa tumbuh subur jika ditanam di halaman pekarangan rumah. Meskipun tidak dilakukan perawatan khusus, tanaman ini bisa tumbuh sendiri dengan baik. Hal ini karena tanaman ini sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

3. Akar Wangi
Akar Wangi
Akar Wangi
Akar wangi mirip dengan serai wangi, baik dari segi bentuk dan juga sifat tanaman. Akar wangi biasanya tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah seperti tanaman rumput. Tanaman ini mempunyai bau yang sangat kuat sehingga membuat nyamuk dan serangga pergi karena tidak kuat dengan baunya. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman pencegah demam berdarah karena nyamuk Aedes Aegypy tidak menyukai aroma dari akar wangi.

4. Geranium
Bunga Geranium
Bunga Geranium
Geranium dikenal dengan sebutan Tapak Dara. Geranium atau Tapak Dara adalah jenis tanaman berbunga yang dapat diandalkan untuk mengusir nyamuk. Bunga ini mengandung zat geraniol dan sitronelol, dimana kedua zat tersebut tidak disukai oleh nyamuk.

5. Rosemary
Rosemary
Rosemary
Selain digunakan dsebagai bumbu untuk memasak, Rosemary juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini mengeluarkan aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Aroma inilah yang menyebabkan nyamuk enggan untuk mendekatinya.
Rosemary dapat ditanam langsung di atas tanah atau menggunakan pot. Namun yang harus diperhatikan adalah tanaman harus mendapat cahaya matahri yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik.

6. Zodia
Bunga Zodia
Bunga Zodia
Tanaman Zodia ini banyak tumbuh di Papua. Masyarakat Papua mengandalkan bunga Zodia ini dengan cara menggosokkannya ke kulit mereka sebelum masuk ke hutan agar terhindar dari gigitan nyamuk. Bunga Zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang juga mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Jadi ketika ditanam di pekarangan rumah, nyamuk akan enggak mendekati rumah Anda.

7. Citrosa Mosquito
Citrosa Mosquito
Citrosa Mosquito
Tanaman pengusir nyamuk yang berasal dari negeri Belanda ini mempunyai bentuk daun yang unik serta warna bunga yang indah. Sehingga selain bisa dijadikan sebagai pengusir nyamu tanaman ini juga bisa untuk dijadikan tanaman hias. Citrosa Mosquito memiliki aroma lemon yang sangat kuat. Aroma inilah yang tidak disukai oleh nyamuk. Cara menanam tanaman ini cukup mudah, yakni dengan rutin menyiram air dan dipastikan terkena sinar matahari. Namun sayang, tanaman ini masih jarang dijumpai di Indonesia.

Tag : Taman

Back To Top