Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Kaca Laminated

Kaca laminated adalah kaca yang dibentuk dari 2 buah kaca float yang direkatkan dengan PVB (Poly Vinyl Butyral) yang menjadi bagian lapisan di tengah-tengahnya. Prosesnya dilakukan dengan teknologi dan teknik khusus sehingga jika diperhatikan secara visual, kaca ini tampak seperti kaca biasa saja, padahal kaca laminated ini terdiri dari 3 lapisan (kaca + PVB + kaca).

Teknik perekatan dengan PVB ini menjadikan kaca laminated ini mempunyai kelebihan apabila pecah maka pecahan kaca tetap menempel di lapisan PVB sehingga tidak membahayakan orang di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan kaca laminated sering digunakan sebagai kaca pengaman.

Kaca lamitaned juga bisa dapat mereduksi transmisi suara (menghambat kebisingan suara), selain itu kaca laminated juga mempunyai kelebihan yakni mampu menyaring sinar ultra violet.
Lapisan PVB yang menjadi perekat kaca laminated memiliki berbagai pilihan warna (milky white, purple, orange, red).

Berdasarkan bahan kaca yang akan digunakan untuk direkatkan, kaca laminated dapat dibedakan sebagai berikut:
  1. Kaca Laminated Biasa. Kaca ini dibuat dari kaca polos biasa. Jika pecah, kaca masih tetap menempel pada lapisan PVB.
  2. Kaca Tempered Laminated. Kaca ini diklem sebagai kaca yang paling aman karena bahan kacanya adalah kaca tempered. Jika pecah, selain tetap menempel pada lapisan PVB, pecahannya pun akan membentuk butiran-butiran kecil.

Berikut ini perbandingan antara kaca laminated biasa dengan kaca tempered laminated jika pecah.

Kaca laminated biasa
Kaca laminated biasa

Kaca tempered laminated
Kaca tempered laminated


Tag : Kaca, Material

Back To Top