Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Konsep Desain Taman Jepang

Taman tidak hanya berfungsi sebagai penghias rumah atau jenis bangunan lainnya, melainkan juga sebagai unsur penyeimbang bagi bangunan itu sendiri di mana dengan adanya taman baik di dalam rumah maupun di luar rumah dapat berperan sebagai area serapan ketika hujan dan juga sebagai filter udara. Berbicara soal taman hias, terdapat beberapa pilihan tipe. Salah satu tipe taman hias yang paling diminati adalah Taman Jepang.

Sesuai dengan namanya, taman Jepang diadaptasi dari Negeri Sakura yang mana tipe taman ini memiliki ciri yang sangat khas, yaitu adanya tanaman hias dan ornamen-ornamen khas lainnya seperti; bonsai, lonceng angin, bambu, kolam ikan koi, batu-batu alam, dan lain sebagainya.

Contoh konsep taman Jepang
Contoh konsep taman Jepang
Tampilannya yang sederhana menjadikan taman ini sangat cocok apabila diaplikasikan pada rumah atau bangunan berdesain minimalis. Hanya saja dengan catatan tidak disertai dengan penggunaan ornamen-ornamen yang kental dengan konsep atau tema oriental, khususnya jepang.
Mengapa? Penggunaan bonsai yang terlalu banyak, misalnya, hanya akan menjadi kompetitor bagi taman itu sendiri yang sejatinya berperan sebagai hiasan rumah, justru akan sedikit berkurang keindahannya karena bonsai-bonsai Anda yang nantinya akan menjadi vocal poin, bukan taman. Tampilan seperti ini tentunya akan menciptakan ketidakserasian, khususnya di area taman.
Batu-batu alam berukuran sedang biasanya dimanfaatkan sebagai material utama untuk kolam ikan koi, jalan setapak, dan komponen air terjun buatan.
Bagian-bagian taman hias ini dibuat dari material yang sama sehingga tampilannya senada satu sama lain. Kemudian untuk elemen hidup seperti tanaman, tipe taman jepang umumnya hanya menggunakan tanaman bonsai saja sebagai penghiasnya. Jikalaupun terdapat jenis tanaman hias lain, kuantitasnya tidak banyak. Tanaman bonsai yang digunakan pun jumlahnya tak banyak.

Anda bebas menempatkan taman hias ini baik di area dalam rumah maupun di luar rumah. Hanya saja taman jepang yang berada di dalam rumah biasanya dibuat lebih mungil karena terbatasi oleh bagian interior rumah itu sendiri. Berbeda dengan taman jepang yang berfungsi sebagai taman interior, taman jepang yang ditempatkan di luar rumah biasanya dibuat lebih besar. Soal ukuran sebenarnya bebas dan menyesuaikan selera dan ketersediaan lahan yang memang khusus disediakan untuk pembuatan taman. Meski begitu, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal lainnya sebelum memutuskan untuk menambahkan taman hias pada rumah Anda.

Tag : Taman

Back To Top