Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Kunci Pintu Otomatis untuk Pintu Rumah

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, produsen kunci pintu membuat berbagai macam model dan tipe kunci untuk pintu rumah, salah satunya kunci pintu otomatis. Pada umumnya kunci pintu otomatis untuk pintu rumah dapat dibuka dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan menggunakan kombinasi angka (kode pin), kartu dan anak kunci. Pemasangan kunci pintu otomatis juga tidak terlalu sulit karena tidak diperlukan instalasi khusus kunci tersebut. Kunci pintu otomatis dioperasikan dengan daya dari baterai yang tahan lama.

Bagi sebagian orang yang sudah sering keluar masuk hotel berbintang tentu sudah tidak asing lagi akan hal ini karena pintu kamar hotel berbintang sudah bisa dipastikan menggunakan kunci pintu otomatis. Biasanya mereka menggunakan kartu sebagai alat untuk mengakses kunci pintu ini. Cukup tempelkan kartu pada kunci maka setelah signal lampu warna hijau menyala, baru Anda bisa membuka daun pintu kamar tersebut. Dan ketika telah berada di dalam kamar, Anda tidak perlu repot-repot mengunci pintu karena setelah pintu tertutup rapat, tidak berapa lama kemudian kunci pintu ini secara otomatis akan mengunci sendiri.

Kunci pintu otomatis untuk pintu depan rumah tinggal sedikit berbeda dengan kunci pintu otomatis kamar hotel. Selain sensor untuk kartu, pada bagian luar kunci terdapat keypad (tombol angka) yang bisa digunakan untuk membuka kunci dengan deretan kombinasi angka (kode pin) yang hanya diketahui oleh pemiliknya. Kemudian juga terdapat lubang anak kunci manual yang bisa digunakan pada saat darurat (emergency) seperti; daya baterai kunci sudah habis, kartu hilang, atau lupa kombinasi angka dan lain-lain.

Apa kelebihan menggunakan kunci pintu otomatis?
Yang paling utama adalah dari segi keamanan. Walaupun kunci pintu bisa dioperasikan dengan 3 cara (kode pin, kartu dan anak kunci), sangat tidak disarankan Anda memberikan kartu dan anak kunci ke anggota keluarga yang lain, cukup Anda saja yang menyimpannya. Mereka cukup diberitahu nomor kombinasi angka saja.
Bagaimana jika mereka lupa berapa kombinasi angka (kode pin) itu?
Pada zaman sekarang ini, mereka akan bisa menanyakan kembali kepada Anda melalui telepon seluler dan jika handphone anda tidak aktif, mereka bisa menanyakan kode pin itu ke anggota keluarga yang lain.

Berikut ini adalah contoh kunci pintu otomatis untuk pintu rumah yang diproduksi oleh salah satu produsen kunci.

Contoh kunci pintu otomatis
Contoh kunci pintu otomatis



Back To Top