Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Rumah Tahan Api

Kebakaran rumah merupakan sebuah bencana. Bencana kebakaran ini bisa saja datang pada rumah setiap orang, tanpa ada yang mengetahui kapan datangnya, apa penyebabnya atau sumbernya. Selain dari rumah itu sendiri, kebakaran bisa juga terjadi akibat rembetan rumah tetangga.
rumah tahan api
Ketika membangun rumah tempat tinggal jarang sekali si pemilik rumah berpikir serius tentang hal ini (misalnya, bagaimana supaya rumahnya bisa tahan api). Padahal, apabila rumahnya ditimpa musibah kebakaran, sudah bisa dipastikan semua barang yang ada di dalam rumah tersebut akan hangus terbakar dilalap api. Berusaha membuat rumah agar tahan api, setidak-tidaknya dapat memperlambat api berkobar di rumah tersebut.


Bagaimana cara membuat rumah terhindar dari bahaya kebakaran?

1. Bangunan minimal berjarak 3 meter dari batas tanah.
Jika ukuran luas tanah Anda cukup luas, sebaiknya bangunlah rumah anda minimal berjarak 3 meter dari batas tanah. Jarak ini diharapkan bisa mengantisipasi agar rumah Anda terhindar dari jilatan api jika rumah tetangga yang terbakar.
Bagi yang membangun rumah di perkotaan ketika akan mengurus IMB bangunannya akan menemui salah satu syaratnya yaitu 'Surat Keterangan Sempadan (jarak bangunan kurang dari 3 meter)'. Hal ini menunjukkan kepedulian pemerintah kota terhadap warganya. Selain untuk menghindari terjadinya sengketa, juga terhindar dari musibah kebakaran.

2. Pasang instalasi listrik sesuai dengan yang dianjurkan.
Sangat sering dijumpai bahwa kebakaran diakibatkan terjadinya arus pendek listrik pada bangunan. Pemicu terjadinya arus pendek ini bisa diakibatkan dengan penggunaan arus listrik yang berlebihan sehingga mengakibatkan kabel instalasinya meleleh. Arus pendek bisa terjadi karena pemasangan instalasi listrik yang serampangan.

3. Buat lobang di bawah lantai untuk tempat tabung gas.
Bagi yang menggunakan gas untuk memasak, sebaiknya menempatkan tabung gas LPG di dalam lubang yang dibuat di bawah lantai. Ini akan meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaran seandainya tabung gas itu meledak.

4. Bangun rumah Anda dengan material yang tahan api.
Dengan memilih material yang tahan api untuk membangun rumah Anda adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar api tidak bisa dengan cepat membesar seandainya terjadi kebakaran.
Perlu diingat bahwa kebakaran itu datangnya bisa kapan saja. Bisa malam hari ketika anda sedang tidur atau bisa juga ketika anda sedang tidak di rumah.

5. Buat instalasi pemadam kebakaran.
Jika Anda mempunyai budget yang cukup, sebaiknya buat instalasi pemadam kebakaran pada rumah Anda. Ini sangat berguna untuk mengamankan aset atau properti Anda.



Apa saja material bangunan yang tahan api?

Kebakaran yang terjadi pada rumah tinggal permanen adalah dari dinding sampai ke atap. Jadi material yang harus dipilih yang bisa menahan api adalah material untuk dinding, kusen, plafon, atap dan perabot.

Material untuk dinding. Selain batu bata merah, batu bata ringan (celcon block) adalah pilihan yang dapat digunakan untuk bahan dinding rumah Anda.

Material untuk kusen. Saat ini selain kusen aluminium, kusen uPVC juga merupakan material yang bisa menahan api cepat menjalar.

Material untuk plafon. Anda dapat menggunakan plafon gypsum Jayaboard seri Firestop®. Plafon Firestop® ini secara teknis mampu menahan api hingga 3 jam.

Material untuk rangka. Baik untuk rangka plafon atau kuda-kuda sebaiknya menggunakan puring atau hollow untuk rangka plafon dan baja ringan untuk rangka kuda-kuda.

Material untuk atap. Selain atap genteng metal yang sudah dikenal sebagai material yang tahan api, Anda dapat menggunakan atap genteng tanah liat sebagai atap rumah selain tampilan rumah menjadi lebih berkelas, ruangan di dalam rumah Anda pun lebih sejuk dibanding menggunakan atap yang berbahan dasar metal.

Material untuk perabot. Saat ini sudah banyak diproduksi perabot atau furniture cantik atau bagus yang terbuat dari besi. Apalagi dengan teknik pengecatan "powder coating", dimana selain hasil pengecatannya yang rata dan rapi, teknik pengecatan ini juga membuat cat tersebut benar-benar lengket pada besi (tidak mudah terkelupas).

Dengan menggunakan material-material di atas sebagai bahan untuk membuat rumah Anda, diharapkan agar jika terjadi kebakaran di rumah Anda, api yang muncul dari sumbernya tidak mudah menjalar ke seluruh rumah atau properti Anda. Jadi ada waktu bagi anda untuk memadamkannya,
Tag : Artikel

Back To Top