Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Memilih Lemari Pakaian (Wardrobe)

Hampir bisa dipastikan bahwa lemari pakaian (wardrobe) sudah menjadi perabot wajib yang harus ada di dalam kamar tidur. Selain dengan alasan, supaya praktis ketika hendak berganti pakaian tanpa harus keluar dari kamar tidur. Lemari pakaian (wardrobe) juga menjadi bagian interior dari kamar tersebut. Sedikit janggal rasanya apabila dalam sebuah kamar tidur hanya terdapat sebuah tempat tidur saja tanpa ada perabotan lain (seperti lemari pakaian).

Namun terkadang juga menjadi sedikit kendala ketika koleksi pakaian makin menumpuk dan membutuhkan lemari pakaian (wardrobe) yang lebih besar, akan tetapi ruang yang tersedia di kamar tidur tersebut terbatas. Dengan demikian maka diperlukan perencanaan dan perhitungan yang matang dalam memilih lemari pakaian yang tepat untuk kamar tidur Anda.

Lemari pakaian pada kamar tidur
Lemari pakaian pada kamar tidur

Jika Anda berencana membuat atau membeli lemari pakaian (wardrobe), baik itu untuk Anda sendiri maupun untuk anak yang akan diletakkan di kamar tidur, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Ukuran Lemari Pakaian (Wardrobe)
Buatlah atau belilah lemari pakaian (wardrobe) yang berukuran cocok atau cukup untuk diletakkan di kamar tidur yang akan ditempatinya. Lakukan pengukuran secara teliti dan cermat baik itu tinggi, lebar dan panjang lemari. Supaya nanti lemari pakaian (wardrobe) yang Anda pilih menjadi maksimal dalam penyimpanan dan masih ada cukup ruang pada kamar tidur tersebut. Jangan lupa juga perhitungkan jarak bukaan pintu lemari pakaian (wardrobe), pastikan Anda bisa membuka tutup pintu lemari tersebut dengan leluasa, jika kamar tidur Anda termasuk kategori berukuran kecil/sempit. Kecuali jika Anda memilih lemari pakaian (wardrobe) dengan pintu geser.

2. Jenis atau Model Lemari Pakaian (Wardrobe)
Pilih jenis atau model lemari pakaian (wardrobe) yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini berkaiatan karakter masing-masing, misalnya yang suka koleksi pakaian seperti kemeja dan gaun maka membutuhkan lemari pakaian model gantung. Ataupun jika Anda suka mengoleksi berbagai macam aksesoris, makan Anda membutuhkan laci pada lemari pakaian untuk menyimpannya. Jadi perhitungkan benar-benar lemari model atau jenis manakah yang akan Anda pilih, model gantung atau model rak? Agar lemari pakaian lebih sesuai dengan jenis pakaian yang Anda miliki sekaligus dapat maksimal menyimpan koleksi pakaian Anda.

3. Material dan Aksesoris Lemari Pakaian (Wardrobe)
Bagi Anda yang memiliki koleksi pakaian yang cukup banyak dan mahal, ketahanan serta kwalitas bahan lemari pakaian tentu akan menjadi prioritas bagi Anda. Sebab jika menggunakan bahan dan aksesoris yang tidak berkwalitas tentu bisa menyebabkan lemari pakaian anda tidak akan bertahan lama atau cepat rusak (biasanya yang sering terjadi pada pintu lemari). Sehingga akan memungkinkan serangga bisa masuk ke dalam lemari pakaian itu dan mengakibatkan koleksi pakaian Anda bisa rusak.

4. Desain Lemari Pakaian (Wardrobe)
Dan yang terakhir yang harus dilakukan adalah menentukan desain lemari pakaian (wardrobe) yang sesuai dengan kamar tidur Anda. Jangan sampai ruang tidur Anda bergaya minimalis namun lemari pakaiannya model klasik dengan ukir-ukiran. Ataupun sebaliknya, kamar tidurnya gaya klasik namun lemari pakaiannya model minimalis modern. Jadi pastikan model lemari pakaian (wardrobe) yang Anda pilih benar-benar serasi dengan kondisi kamar tidur Anda saat ini.

Tag : Lemari, Perabot

Back To Top