Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Rumah Minimalis dengan Taman Mediterania

Nah, untuk rumah yang bergaya minimalis, tipe taman hias yang paling cocok adalah tipe Taman Mediterania. Tipe taman yang satu ini memiliki tampilan sederhana namun terlihat begitu modern. Umumnya, model taman hias ini memiliki bentuk yang lebih simetris bila dibandingkan dengan beberapa jenis taman hias lainnya. Kemudian, terdapat beberapa jenis tanaman tertentu yang identik dijadikan sebagai elemen penunjang utama pada taman ini, yaitu Nolina, Yucca, Sikas, dan Agave. Sementara itu, untuk ornamen-ornamen lainnya seperti lampu taman dan pot dengan penyangga, batu koral, dan kolam ikan juga tak kalah penting untuk ditambahkan pada taman hias ini.

Sebagian besar taman Mediterania dilengkapi dengan beberapa tanaman hias berukuran besar dengan batang pohon sedang sebagai elemen hidup yang menciptakan suasana teduh di area taman. Penempatan pohon-pohon ini tentu harus terpisah secara acak, tidak dibuat mengumpul. Taman biasanya juga dilengkapi dengan rumput hias sebagai ‘lantai hijau’ taman. Anda boleh menempatkan sepasang atau sejumlah furniture taman, seperti bangku taman atau kursi taman lengkap dengan mejanya. Sebagai penghias, Anda boleh menambahkan jalan setapak pada taman Anda yang dihiasi dengan pembatas hijau pada sisi dan kanan jalan. Nah, pembatas ini dapat dibuat dari tanaman hias yang dapat merambat atau boleh juga dengan tanaman hias lainnya yang tumbuh mengumpul.

Contoh taman Mediterania
Contoh taman Mediterania

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menambahkan taman Mediterania ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut: luas lahan, luas bangunan/rumah, tata letak tanam yang diinginkan, tipe/ jenis taman yang diinginkan, keserasian konsep taman dengan gaya desain rumah/ bangunan, saluran air/ drainase, dan pemilihan tanaman hias yang tepat sebagai pendukung taman hias Anda.

Sangat dianjurkan untuk memilih tipe/ jenis taman hias yang mudah dirawat agar nantinya tidak merepotkan Anda. Memang diperlukan ketelatenan dalam merawat taman hias agar semua kompoen taman terjaga dan terawat dengan baik. Dengan taman hias yang terawat, fungsi taman pun menjadi optimal (sebagai penyerap polutan, pelancar sirkulasi udara, filter udara, dan ornamen rumah).

Tag : Taman

Back To Top