Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Taman Bali, Taman Vertikal, dan Roof Garden

Terdapat beberapa konsep taman unik yang mungkin diminati oleh Anda yang ingin menambahkan area taman pada rumah Anda seperti; Taman Bali, Taman Vertikal dan Roof Garden.

Taman Bali sendiri adalah taman dengan konsep khas Bali. Umumnya taman ini dilengkapi dengan beberapa ornamen ‘wajib’ seperti gazebo, kolam renang, patung khas yang biasa dijumpai di Bali, dan pintu gerbang dengan gaya arsitektur khas Bali. Taman yang satu ini tentunya memiliki karakter yang kuat sehingga sangat cocok untuk konsep hunian apa saja. Dari segi tampilan, ada beberapa elemen taman yang begitu kental dengan kebudayaan masyarakat Bali. Misalnya saja penggunaan kain bermotif kotak-kotak dengan warna kotak hitam dan putih yang dililitkan pada patung dan pohon-pohon yang terdapat di taman. Kemudian ada juga penggunaan payung khas Bali yang umum dijumpai di pura-pura pribadi di Bali.

Contoh taman konsep Bali
Contoh taman konsep Bali

Ide desain taman unik lainnya yaitu taman vertikal. Nah, ide taman yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian atau bangunan dengan luas terbatas. Sesuai dengan namanya, taman vertikal dibangun pada area vertikal suatu bangunan (biasanya pada tembok/dinding). Kemudian jenis tanaman yang digunakan adalah hanya sebatas pada jenis-jenis tanaman yang dapat tumbuh merambat. Sayangnya jenis-jenis tanaman semacam ini jumlahnya cukup terbatas. Nah, apabila Anda berminat untuk mengadopsi ide taman yang satu ini, wajib bagi Anda untuk rutin untuk melakukan penataan dan perawatan rutin agar tampilan taman tetap menarik.

Nah, ide taman terakhir yang juga sangat unik adalah taman roof garden. Ide taman yang satu ini adalah alternatif terbaik untuk gedung-gedung bertingkat yang memang memerlukan green area sebagai penyeimbangnya. Taman ini dibangun di bagian atap suatu bangunan tinggi seperti gedung pencakar langit (hotel atau perkantoran) sebagai sarana penghijauan yang pastinya sangat bermanfaat, khususnya di kota-kota besar. Jenis tanaman yang cocok untuk ide taman ini adalah tanaman-tanaman hias dengan ukuran fisik kecil hingga medium. Media tanamnya bisa berupa tanah ataupun media tanam praktis seperti media tanam buatan yang kini banyak diaplikasikan pada taman-taman berkonsep modern.

Tag : Taman

Back To Top