Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Taman di bawah Tangga

Hampir setiap orang pasti berkeinginan agar rumahnya mempunyai taman karena taman dapat membuat pemiliknya menjadi tenang dan nyaman. Namun terkadang ada yang terbentur dengan masalah keterbatasan lahan. Untuk menjawab persoalan itu maka salah satu solusinya adalah membuat indoor yang dapat dibuat di dalam ruangan rumah dan membutuhkan area yang tidak begitu luas.
Pada sebuah rumah hunian berlantai 2 (bertingkat) tentu memiliki tangga. Kadang-kadang area bawah tangga lebih sering digunakan sebagai toilet, gudang atau lemari tertutup yang dirancang khusus untuk menutupi ruang bawah tangga.

Taman dapat ditempatkan di manapun dalam sebuah rumah hunian. Begitu juga halnya dengan ruang yang terdapat di bawah tangga. Area atau ruang ini sangat tepat jika dibuat taman yang cukup kecil untuk menghiasnya sehingga membantu penghijauan, penyegaran udara dan membuat rumah lebih indah dan segar.
Namun sebagian pemilik rumah sering merasa ada suatu keraguan untuk membuat taman di bawah tangga. Sebagian besar dari mereka takut bahwa ke depannya nanti akan membuat suasana dalam bangunan akan lembab dan banyak lumut pada dinding sekitarnya. Selain area bawah tangga sempit dan padat, dan sering kali lebih sedikit sinar matahari mencapai area bawah tangga.

Akan tetapi, masalah tersebut dapat diatasi dengan trik sederhana. Pemilihan tanaman yang dapat tumbuh dalam ruangan merupakan hal yang paling menentukan. Tanaman indoor bisa menjadi serangkaian landscape (taman dalam ruangan) atau tanaman pot (pot tanaman) yang dapat ditempatkan di sekitar ruangan bawah tangga.
Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana memberikan sinar matahari atau cahaya pada ruang bawah tangga itu. Taman yang ditanami tanaman hias di bawah tangga dengan paparan sinar matahari yang terbatas, dapat disaring atau rawat dengan cahaya buatan (lampu LED).

Taman di bawah tangga
Contoh taman di bawah tangga

Contoh gambar diambil dari majalah Asri.

Tag : Taman

Bagus tamannya.. :-)

Back To Top