Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Memasang Kuda-kuda Baja Ringan

Pemasangan kuda-kuda baja ringan mulai dikerjakan setelah selesai pengecoran ring balok.
Untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang berkualitas dan terjamin sebaiknya Anda mengunjungi toko/dealer/supplier yang khusus menjual material baja ringan dan jangan lupa membawa gambar rumah Anda (denah, tampak depan, tampak samping dan tampak belakang). Tentang bagaimana cara memasang kuda-kuda baja ringan, mungkin bagi Anda tidak terlalu berguna karena bukan Anda yang akan melaksanakannya.

Rangka atap dan kuda-kuda baja ringan
Rangka atap dan kuda-kuda baja ringan
Kenapa harus ke toko/dealer/supplier?
Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya struktur rangka kuda-kuda baja ringan yang dipasangkan pada sebuah rumah atau bangunan berdasarkan hasil perhitungan program (software) yang dimiliki oleh masing-masing pabrik baja ringan. Program mereka ini bekerja berdasarkan gambar yang Anda bawa tadi.
Dengan bantuan program itu, mereka mendapatkan hasil bentuk struktur kuda-kuda yang akan mereka terapkan pada rumah anda dan bahkan mereka mengetahui berapa jumlah material yang harus mereka sediakan untuk pekerjaan itu.
Dan disaat ini pulalah Anda sudah bisa mengetahui berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membiayai atap rumah Anda.

Sebelum memulai pekerjaan memasangan kuda-kuda baja ringan sebaiknya Anda memeriksa dulu material-material yang telah sampai di rumah Anda. Apakah material tersebut telah sesuai dengan material yang mereka janjikan sebelumnya.
Pada tulisan cara memasang kuda-kuda baja ringan ini, kami akan memaparkan kepada Anda material apa saja yang digunakan dan diperlukan saat memasang kuda-kuda dan rangka atap baja ringan, diantaranya adalah:
  1. Baja ringan profil C. Secara umum ini dikenal dengan istilah kanal C. Anda harus memastikannya karena kanal C ini terdiri dari berbagai ukuran dan ketebalan. Hal itu dapat dilihat dari tulisan yang tertera pada kanal tersebut (C 75/65, C 75/75, C 75/100).
  2. Reng baja ringan. Perhatikan tulisan yang tertera pada reng tersebut, tulisan itu menunjukkan ukuran ketinggian dan ketebalan itu sendiri (R.32.45, R.40.45, R.40,60)
  3. Sekrup baja ringan. Sekrup baja ringan ini dibuat khusus agar bisa menembus baja ringan. Dibuat dengan 2 ukuran dimana ketika merakit kuda-kuda ukuran sekrupnya lebih besar dibanding dengan sekrup untuk memasang reng (rangka kap atap).
  4. Braket L. Material bantu ini diperlukan untuk melekatkan kuda-kuda baja ringan pada ring balok dan sekaligus juga berfungsi sebagai penyangga apabila ring balok tidak sama rata.
  5. Talang air zincalum. Talang ini diperlukan pada atap rumah yang mempunyai jurai dalam, biasanya pada rumah yang bentuk atapnya model limas.


Proses pembuatan kuda-kuda baja ringan biasanya dilakukan di bawah. Artinya, tukang akan merakit semua kuda-kuda di bawah. Anda tidak usah khawatir, tukang-tukang itu bisa bekerja berdasarkan ukuran-ukuran yang dihasilkan oleh program mereka tadi. Setelah semua kuda-kuda selesai dirakit, baru kemudian mereka naikkan dan susun di atas ring balok.
Disinilah diperlukan sedikit pengetahuan Anda tentang cara memasang kuda-kuda baja ringan. Anda harus memastikan jarak susunan masing-masing kuda-kuda. Apakah telah sesuai dengan jarak yang tercantum pada hasil program mereka. Apalagi jika Anda akan menggunakan material atap yang berat (genteng tanah liat atau genteng beton). Biasanya jarak kuda-kuda baja ringan yang aman adalah maksimal 120 cm.


Tag : Artikel, Atap

Back To Top