Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Kuda-Kuda Baja Ringan

Sebelum mengenal rangka atap dan kuda-kuda baja ringan, dulu ketika membangun sebuah rumah, pembuatan kuda-kuda sebagai struktur pendukung rangka atap biasanya orang menggunakan kayu sebagai materialnya. Seiring dengan semakin sulitnya untuk mendapatkan kayu yang berkwalitas baik, yang berimbas semakin mahalnya harga kayu tersebut maka material untuk membuat kuda-kuda saat ini beralih ke material zincalum yang dikenal dengan istilah baja ringan.

Sebagian orang ada yang khawatir apakah rangka kuda-kuda baja ringan ini mampu menahan berat beban atap genteng tanah liat atau genteng beton. Apalagi dalam pemasangan kuda-kuda baja ringan tidak mengenal adanya gording dan kasau. Pada pemasangan kuda-kuda baja ringan, setelah kuda-kuda dirakit langsung dipasang reng.

Bagi yang belum mengetahui tentang kuda-kuda baja ringan diharapkan dengan membaca tulisan ini bisa memahami dan yakin bahwa kuda-kuda baja ringan mampu menahan beban berat atap yang dipikulnya.
Material zincalum yang digunakan pada pemasangan kuda-kuda baja ringan dikenal dengan istilah kanal C sebagai bahan untuk merakit kuda-kuda dan reng sebagai bahan untuk rangka atap.
Baik kanal C ataupun reng diproduksi dengan berbagai ukuran dan ketebalan, inilah yang harus diperhatikan apabila akan menggunakan bahan atap yang lebih berat (genteng).

Kanal C TASO
Contoh ukuran kanal C
Reng TASO
Contoh ukuran reng
Jarak masing-masing kuda-kuda baja ringan juga harus diperhatikan jika akan menggunakan atap genteng. Jarak yang dianjurkan adalah maksimal 120 cm. Hal ini dilakukan agar jangan sampai reng melendut karena tidak mampu menahan beban berat atap genteng.
Kuda-kuda rangka baja ringan
Contoh pemasangan kuda-kuda rangka baja ringan
Pada proses pengerjaannya, pemasangan kuda-kuda baja ringan memerlukan aksesoris, seperti; braket L, sekrup dan talang zincalum.
Braket L dibutuhkan untuk melekatkan kuda-kuda baja ringan pada ring balok. Dimana sisi bagian bawah braket yang terbuat dari galvanis ini dibautkan ke ring balok dengan dinabolt sedangkan disisi tegaknya (vertikal) dilekatkan ke kuda-kuda baja ringan dengan sekrup.
Talang zincalum diperlukan apabila model atapnya mempunyai jurai dalam. Hal ini umumnya dibutuhkan jika bentuk atap rumah tersebut berbentuk limas.

Bentuk atap seperti apa yang bisa dibuat dengan kuda-kuda baja ringan?
Sebagaimana halnya dengan kuda-kuda kayu, kuda-kuda baja ringan bisa digunakan untuk membuat berbagai model atap yang biasa digunakan pada rumah tinggal (atap limas dan pelana).
Khusus pada model atap limas, sistim struktur kuda-kuda baja ringan agak berbeda dengan kuda-kuda kayu, dimana pada kuda-kuda baja ringan tidak ada bentuk 1/2 kuda-kuda sebagaimana yang kita temui pada kuda-kuda kayu.

Kelebihan Menggunakan Kuda-Kuda Baja Ringan.
Ada beberapa kelebihan yang menyebabkan baja ringan menjadi pilihan favorit untuk digunakan sebagai bahan untuk membuat kuda-kuda dan rangka atap, diantaranya adalah:
  1. Cepat dalam pengerjaan. Pekerjaan rangka atap jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan kayu karena selain ringan, pada kuda-kuda baja ringan tidak memerlukan sambungan-sambungan khusus seperti yang dilakukan pada kuda-kuda kayu.
  2. Dapat meminimalisir kebakaran. Karena terbuat dari bahan metal, kuda-kuda baja ringan tidak mudah terbakar sebagaimana halnya dengan kuda-kuda kayu.
  3. Tidak lapuk. Lapuk dimakan rayap adalah suatu hal yang selalu dijumpai pada kuda-kuda kayu. Material zincalum yang terdapat pada kuda-kuda baja ringan juga akan membuatnya tahan terhadap korosi (berkarat).
  4. Ramah lingkungan. Dengan menggunakan kuda-kuda baja ringan sebagai konstruksi atap rumah anda, secara tidak langsung Anda telah ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan hidup.

Tag : Artikel, Material

Back To Top