Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Letak Kamar Mandi di Dalam Rumah

Pada masa tahun 80-an, orang meletakkan posisi kamar mandi di bagian belakang rumah dan dekat dengan dapur. Kemudian mulai ada yang meletakkannya berdekatan dengan kamar tidur dan bahkan sekarang ini rata-rata rumah menengah ke atas sudah mempunyai kamar mandi di kamar tidurnya.

Jika kamar mandi berada di dalam kamar tidur tentu tidak menjadi persoalan dimanapun letaknya karena sudah privacy. Berbeda dengan kamar mandi yang letaknya di dalam rumah dan dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga (penghuni rumah). Tentu kamar mandi tersebut harus dapat dicapai dengan mudah oleh pengguna.

Dalam ilmu arsitektur diberikan literatur tentang posisi atau letak kamar mandi di dalam rumah. Atas dasar ekonomi dan teknik sebaiknya kamar mandi diletakkan berdekatan dengan dapur dan ditata sedemikian rupa agar lubang/pipa instalasinya bisa digunakan bersama.
Dari segi pencapaian, letak kamar mandi sebaiknya dekat dengan kamar tidur.

Berikut ini beberapa contoh letak atau posisi kamar mandi  di dalam rumah.

Letak Kamar Mandi 1
Letak Kamar Mandi 1


Letak kamar mandi pada gambar nomor 1 berada di antara dua kamar tidur. Pada kamar mandi ini hanya terdapat shower dan washtafel saja. Sedangkan kloset atau WC-nya diletakkan terpisah yang dapat dicapai dari lorong. Keuntungan tata letak seperti ini adalah apabila salah satu pengguna sedang mandi, pengguna yang lain tetap akan bisa menggunakan kloset karena klosetnya terpisah dan klosetpun dapat dipakai oleh seluruh anggota penghuni rumah.

Letak kamar mandi 2 dan 3
Letak kamar mandi 2 dan 3
Kamar mandi di dalam rumah pada gambar nomor 2 letaknya di ujung lorong yang berdekatan dengan kamar tidur orang tua. Pemakaian pintu kupu-kupu pada pintu kamar tidur orang tua adalah bertujuan ketika pintu tersebut ditutup pada arah lorongnya maka seluruh kamar mandi berada dalam penguasaan orang tua. Namun ketika pintu kamar tersebut ditutup ke bagian kamar orang tua maka seluruh anggota keluarga bisa memanfaatkan kamar mandi tersebut, apalagi kamar mandi itu mempunyai kloset tambahan yang dibuat terpisah.
Sementara itu letak kamar mandi pada gambar nomor 3 diletakkan berdekatan dengan kamar tidur anak dan kamar tidur orang tua. Posisi letak seperti ini memberikan akses yang sama terhadap masing-masing kamar tidur.

Letak Kamar Mandi 4 dan 5
Letak Kamar Mandi 4 dan 5


Posisi atau letak kamar mandi di dalam rumah pada gambar nomor 4 di atas terletak pada lorong sebelum kamar orang tua dan juga bersebelahan dengan kamar tidur anak. Kloset pada kamar mandi ini dibatasi dengan pintu. Tujuannya adalah ketika orang tua sedang menggunakan kamar mandi utama (sedang mandi), anggota keluarga lainnya masih bisa menggunakan kloset tersebut.
Letak kamar mandi pada gambar nomor 5 hampir sama polanya dengan kamar mandi nomor 3, dimana kamar mandi ini memberikan akses yang sama bagi setiap kamar atau penghuni rumah.

Letak Kamar Mandi 6 dan 7
Letak Kamar Mandi 6 dan 7
Letak kamar mandi di dalam rumah pada gambar nomor 6 letaknya di ujung lorong dengan tangga. Mungkin bagi masyarakat belahan Timur merasa agak sedikit janggal karena kamar tidur orang tua terpisah namun hal ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat belahan Barat. Jika pintu kupu-kupu yang terdapat pada pintu kamar tidur orang tua wanita ditutup pada bagian lorong maka seluruh kamar mandi berada dalam penguasaan orang tua.
Tatanan kamar mandi pada gambar nomor 7 agak sedikit berbeda dengan yang sebelumnya dimana pada kamar mandi ditambahkan shower (dus) yang terpisah. Kamar mandi ini bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga jika orang tua membuka pintu yang terdapat pada lorong.


Tag : Kamar Mandi

Back To Top