Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Ukuran Kamar Mandi

Secara ilmu arsitektur, ukuran luas sebuah kamar mandi tidak ada ukuran yang mengikat. Pada hakikatnya, luas kamar mandi diharapkan bisa menampung kegiatan yang terjadi di dalamnya. Ukuran sebuah kamar mandi tergantung pada perlengkapan yang akan dimasukkan ke dalam kamar mandi tersebut. Sementara luas kamar mandi bisa tergantung bagaimana cara menempatkan perlengkapan tersebut.

Dalam ilmu arsitektur dikenal dengan istilah kamar mandi kecil, sedang dan besar. Kemudian diajarkan bagaimana cara mengatur letak posisi perlengkapan kamar mandi yang benar sehingga walaupun sebuah kamar mandi mempunyai ukuran luas yang kecil tapi tetap mampu menampung kegiatan dengan baik.

Kamar mandi berukuran kecil
Kamar mandi berukuran kecil


Dari 2 buah gambar lay out kamar mandi dapat kita lihat bahwa walaupun ukuran luasnya sempit, dimana ukuran as dinding kamar mandi A adalah 1,80 x 1,395 = 2,511 m2 dan ukuran as dinding kamar mandi B adalah 1,53 x 1,53 = 2,341 m2, pada kedua kamar mandi tersebut terdapat perlengkapan lain seperti kloset, washtafel dan shower untuk mandi. Bukaan pintu kamar mandi A sengaja dibuka arah keluar bertujuan untuk memberi ruang untuk tempat gantungan handuk.

Gambar lay out di bawah ini adalah ukuran sebuah kamar mandi yang berukuran sedang.

Kamar mandi berukuran sedang
Kamar mandi berukuran sedang
Masing-masing kamar mandi di atas mempunyai ukuran luas bersih (dinding ke dinding) sebagai berikut:
  • Luas bersih kamar mandi C adalah 1,65 x 2,05 = 3,382 m2
  • Luas bersih kamar mandi D adalah 1,45 x 2,20 = 3,19 m2
  • Luas bersih kamar mandi E adalah 1,50 x 2,35 = 3,525 m2
Terlihat bahwa pada bagian area shower di masing-masing kamar mandi di atas masih tersisa sedikit ruang yang dapat dibuat undakan atau tempat duduk setinggi 38 cm dari lantai. Ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan jari-jari kaki anda ketika mandi, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Manfaat Undakan pada area shower
Manfaat Undakan pada area shower


Kamar mandi yang masuk pada kategori kamar mandi besar biasanya telah dilengkapi dengan bathtub, seperti pada gambar di bawah ini:

Kamar mandi berukuran besar
Kamar mandi berukuran besar
Ketika meletakkan bathtub pada kamar mandi yang harus diperhatikan adalah posisi bagian kepala saat berendam. Upayakan agar bagian kepala jangan dekat dengan kloset!
Luas bersih masing-masing kamar mandi di atas adalah sebagai berikut: luas kamar mandi F adalah 1,70 x 2,50 = 4,25 m2, luas kamar mandi G adalah 1,7 x 2,35 = 3,995 m2, luas kamar mandi H adalah 1,70 x 2,35 = 3,995 m2 dan luas kamar mandi I adalah 1,70 x 2,25 = 3,825 m2.

Dari berbagai ukuran kamar mandi di atas terlihat bahwa luas sebuah kamar mandi tergantung pada perlengkapan dan bagaimana cara menyusun perlengkapan tersebut di dalamnya.



Tag : Kamar Mandi

Back To Top