Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Memasang Bata Ringan

Pada umumnya cara pemasangan bata ringan hampir sama dengan cara memasang batu bata merah atau batako. Dipasang selang-seling dan menggunakan campuran semen untuk spasi-nya.
Campuran semen untuk memasang bata ringan bisa menggunakan campuran semen Portland biasa namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan campuran semen instan yang banyak dijual di toko bangunan besar dan berbagai merk juga telah tersedia.
Hasil maksimal yang dimaksud adalah ketika Anda menginginkan segala kelebihan atau manfaat jika menggunakan bata ringan sebagai dinding rumah diantaranya; kedap suara, tahan lama, tahan panas dan tahan api serta hemat energi.



Peralatan yang dibutuhkan untuk memasang bata ringan juga hampir sama dengan peralatan yang digunakan untuk batu bata merah namun ada tambahan yaitu gergaji yang digunakan sebagai alat pemotong bata ringan kemudian sendok khusus (trowel) yang digunakan untuk meletakan dan meratakan campuran semen instan ketika akan melanjutkan pemasangan di lapisan atas berikutnya.
Trowel ini juga berfungsi sebagai alat yang dapat memastikan bahwa ketebalan spasi atau nat campuran semen akan sama sehingga pasangan batu ringan akan menjadi lebih rapi.

Berikut adalah gambar ilustrasi cara pemasangan bata ringan.

Cara memasang bata ringan
Cara memasang bata ringan

Tag : Artikel, Dinding

Back To Top