Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Tips Hemat Menggunakan Bata Ringan

Bagi Anda yang berminat menggunakan batu bata ringan untuk dinding rumahnya dan dapat memanfaatkan kelebihan atau keunggulan dari batu bata ringan tersebut, berikut ini kami berikan tips bagaimana cara supaya hemat biayanya.
Sebagaimana yang diketahui bahwa batu bata ringan biasanya dijual dalam satuan m3 (kubik) dengan berbagai ukuran ketebalan (7 cm, 10, cm, sampai dengan 20 cm). Artinya jika Anda membeli 1 m3 bata ringan, Anda akan mendapatkan jumlah block bata ringan tebal 7 cm (111 bh) lebih banyak dari pada jumlah block bata ringan yang tebal 10 cm (83 bh).


Untuk diketahui, pada sebuah rumah ada beberapa dinding berfungsi sebagai pembatas ruang semata, dalam hal ini pada dinding tersebut tidak terdapat jendela atau pintu. Tips agar supaya lebih hemat, untuk membuat dinding ini Anda bisa menggunakan bata ringan yang tebal 7 cm sementara pada dinding yang terdapat jendela atau pintu Anda gunakan bata ringan tebal 10 cm atau 12,5 cm (tergantung tebal kusen).
Pada dinding kamar mandi, Anda bisa menggunakan bata ringan tebal 7 cm karena nantinya dinding kamar mandi itu akan dilapisi dengan keramik. Demikian juga dengan dinding gudang dan garasi, gunakan saja batu bata ringan yang tebal 7 cm saja, toh Anda tidak memerlukan sebuah kenyamanan pada ruangan tersebut.

Setelah itu, jika Anda ingin membuat rumah Anda menjadi lebih kedap suara (terhindar dari kebisingan) dan hemat energi, sebaiknya dinding terluar rumah menggunakan batu bata ringan yang mempunyai ketebalan 15 cm atau 20 cm. Dengan melakukan tips ini, biaya yang Anda keluarkan lebih hemat dan kelebihan manfaat atau keunggulan dari batu bata ringan akan Anda dapatkan sebagaimana yang Anda harapkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda menggunakan semen instan untuk memasang dan memplester batu bata ringan.



Tag : Artikel, Dinding

Back To Top