Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Dinding Siap Pakai atau Panel Dinding

Kemajuan pengetahuan dan teknologi memberi dampak yang signifikan terhadap material atau bahan yang digunakan untuk membuat sebuah bangunan. Banyak material baru yang bermunculan dari hasil inovasi pakar teknologi. Seperti halnya dengan dinding bangunan. Secara umum diketahui bahwa selama ini orang membuat dinding bangunan dengan menggunakan bahan atau material seperti; batu bata merah, batako, hollow brick, bata ringan dan lain-lain. Sekarang ini telah ada bahan dinding yang siap pakai atau yang disebut dengan panel dinding.


Bahan dasar untuk membuat dinding siap pakai inipun berbeda pada masing-masing pabrik yang memproduksinya. Bermacam keunggulan-keunggulan ditampilkan pada produksi mereka, ada yang menyatakan bahwa panel dindingnya lebih ringan, ada yang menyatakan panel dinding mereka bisa memikul beban sehingga tidak perlu kolom praktis dan lain sebagainya.
Artinya dari semua keunggulan yang ditampilkan itu, tinggal keputusannya pada Anda, mana yang lebih bermanfaat sesuai dengan keinginan Anda.

Berbagai macam merk beredar di pasaran, seperti; de-panel, Smart Wall Panel, Grand Elephant, QuiPanel, WALLPLUS, MPANEL dan lain-lain. Dinding siap pakai atau panel dinding dijual dalam bentuk lembaran dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Pada umumnya mempunyai lebar 60 cm, tebal dimulai dari 5 cm - 12 cm, sedangkan panjang biasanya mulai dari 240 cm - 300 cm.
Cara pemasangan dinding siap pakai atau panel dinding masing-masing pabrik berbeda cara pemasangannya. Tidak perlu khawatir, ketika Anda membeli produk, Anda akan mendapat manual atau petunjuk pemasangan bahkan tim mereka siap untuk membantu Anda.

Apa kelebihan atau keunggulan dinding siap pakai atau panel dinding?
Berikut ini kami sampaikan beberapa kelebihan atau keunggulan dinding siap pakai dan panel dinding dari salah satu merk yang ada di pasaran.


Kelebihan atau keunggulan dinding siap pakai (de-panel):
  1. Ringan. Dengan berat jenis 700 kg/m3 atau sekitar 54 kg/m2 untuk dinding dengan ketebalan 7,5 cm lebih ringan dari berat jenis air maka de-panel jauh lebih ringan dibanding pasangan bata biasa yang mempunyai bobot berat nya sekitar 250 kg/m2.
  2. Kuat. Walaupun tergolong ringan namun de-panel merupakan bahan yang kuat, karena de-panel disamping mempunyai kuat tekan juga mempunyai kuat lentur, sehingga dalam aplikasi rumah sederhana yang nonstruktural maka material de-panel tidak memerlukan lagi kolom praktis maupun ring balok, dalam hal ini bisa menghemat secara ekonomis.
  3. Tahan Api. De-panel merupakan material dinding yang tahan terhadap api atau fire resistance, dengan waktu 120 jam adalah waktu yang cukup untuk evakuasi apabila terjadi kebakaran.
  4. Kedap Suara. Material ini juga merupakan material kedap suara dengan ketebalan 7,5 cm kedap suara mencapai 38 - 40 dB.
Pada beberapa merk dinding siap pakai lainnya ada yang mengklaim bahwa jika memakai produk mereka, dinding tidak perlu diplester dan diaci lagi. Ini merupakan sebuah penghematan yang luar biasa dalam hal membuat dinding bangunan. Apalagi pemasangan dinding dapat dilakukan seluas 45 m2 dalam sehari oleh 1 orang tukang ditambah seorang pekerja.

Dinding siap pakai de-panel
Dinding siap pakai de-panel

Dinding siap pakai Smart Wall Panel
Dinding siap pakai Smart Wall Panel

Dinding siap pakai QuiPanel
Dinding siap pakai QuiPanel

Dinding siap pakai MPanel
Dinding siap pakai MPanel

Dinding siap pakai WALLPLUS
Dinding siap pakai WALLPLUS



Tag : Dinding, Material

Back To Top