Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Petunjuk Membuat Dapur

Secara teori ilmu arsitek, posisi dapur sebaiknya menghadap ke Timur Laut atau Barat Laut, dengan hubungan yang tidak langsung dengan kebun sayur dan bumbu dan jalan menuju gudang bawah tanah (rumah-rumah di Indonesia jarang mempunyai gudang ini). Hal ini bisa diterapkan pada rumah yang cukup besar dan mempunyai halaman.


Sedapat mungkin dari dapur kita dapat melihat gerbang kebun, pintu rumah, tempat bermain anak dan teras. Kemudian harus terdapat jalan mudah menuju ruang depan, ruang makan, ruang kerja.

Arah pandangan dari dapur

Dapur merupakan tempat kerja yang terdapat di dalam rumah tapi sekaligus merupakan tempat beristirahat bagi ibu rumah tangga untuk beberapa jam. Dapur sering juga merupakan tempat seluruh anggota keluarga bertemu, jika ruang makan dan lemari makanan terdapat di sana.
dapur dengan ruang makan
Dapur dengan ruang makan

Pada petunjuk membuat dapur ini juga disampaikan bahwa dalam penataannya perlu diperhatian:
  • Penghematan jalan (sirkulasi), usaha untuk memungkinkan proses kerja yang lancar, keleluasaan gerak yang cukup, sikap tubuh yang menguntungkan, penyesuaian tinggi alat-alat kerja dengan ukuran badan, pencahayaan yang cukup di tempat kerja.
  • Untuk memudahkan pekerjaan dapur dilakukan penataan tempat kerja yang sesuai dengan tujuan. Dari kiri ke kanan terdapat tempat menyimpan, kompor, tempat menyiapkan/menyimpan sayuran, bak cuci piring, tempat pengering.⟶ ④
  • Yang harus dipenuhi adalah adanya ruang gerak dari ukuran minimal 1,20 m antar deret berdasarkan pemakaian peralatan dan perabot. Dengan kedalaman minimal 60 cm pada setiap sisi begitu pula lebar dapur dengan ukuran minimal 2,4 m.⟶ ⑤
Contoh penataan dapur
Contoh penataan dapur


Tag : Kitchen Set

Back To Top