Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Berbagai Jenis Lantai Untuk Rumah

Yang dimaksud jenis lantai pada tulisan ini adalah jenis material yang digunakan untuk melapisi lantai rumah atau lantai area lainnya yang terdapat pada sebuah rumah, seperti; carport. Pada sebuah rumah, terdapat berbagai macam ruang-ruang yang masing-masing ruang tersebut berbeda fungsinya seperti; teras, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan lain-lain. Maka, sebaiknya ketika menentukan jenis lantai yang akan digunakan pada masing-masing ruang itu, karakteristik materialnya harus sesuai pula.

Lantai memiliki efek yang menentukan pada keseluruhan kesan yang diciptakan oleh ruangan, kualitas akomodasi dan biaya perawatan.


Berikut ini diuraikan berbagai jenis lantai untuk rumah yang dapat Anda temukan di pasaran: lantai batu alam, lantai mozaic, lantai keramik, lantai parkit, lantai semen fibre (sintetis), dan lantai kayu solid.

Lantai Batu Alam
Kombinasi lantai batu alam pada selasar sebuah rumah
Kombinasi lantai batu alam pada selasar sebuah rumah
Yang termasuk dalam jenis lantai batu alam ini adalah bahan yang diambil dari alam, dimana bahan ini bisa langsung digunakan dengan cara menyusun sesuai dengan bentuk dan potongan-potongannya secara acak. Bisa juga dengan melakukan sedikit olahan dengan membelah, memotong, memoles dan lain-lain. Contoh; batu templek, batu palimanan (batu kapur), marmar, granit.
Penggunaan lantai batu alam untuk lantai rumah bisa diterapkan diberbagai tempat. Misalnya: batu templek digunakan untuk lantai teras atau jalan setapak pada taman, marmar atau granit digunakan untuk lantai di dalam rumah.

Lantai Mozaik
Adalah susunan berbagai macam batu berwarna (kaca, keramik atau batu alam) yang diletakkan di adukan semen atau dioleskan dengan perekat.

Lantai Keramik
Lantai keramik Roman yang bermotif seperti marmar
Lantai keramik Roman yang bermotif seperti marmar
Lantai keramik adalah lantai yang dibuat dari tanah liat yang diproses melalui pembakaran, sehingga hampir tidak menyerap air. Oleh karena itu, mampu menahan air tanah sehingga tidak mengembun di atas permukaan laintai keramik, memiliki beberapa ketahanan terhadap asam dan ketahanan tinggi terhadap keausan mekanis, meskipun tidak tahan terhadap minyak.
Pada saat ini lantai keramik merupakan jenis lantai yang paling banyak digunakan orang untuk melapisi lantai rumahnya. Selain harganya yang terjangkau, lantai keramik menawarkan bermacam ukuran, warna dan tekstur.

Lantai Parkit
Lantai parkit dibuat dari berbagai macam jenis potongan kayu kecil-kecil yang kemudian disusun sehingga menjadi berbentuk bujursangkar, potongan-potongan papan.
Lantai parkit termasuk jenis lantai yang tergolong mahal dan biasanya digunakan untuk melapisi lantai rumah pada ruang-ruang tertentu, seperti kamar tidur dan ruang keluarga.

Lantai Semen Fibre (Sintetis)
Lantai semen fibre adalah jenis lantai olahan yang dibuat dari bahan semen yang diberi serat fibre sebagai penguat dan dibentuk menjadi hampir menyerupai papan kayu alami namun mempunyai ketahanan terhadap air (tidak lapuk).
Penggunaan lantai semen fibre untuk melapisi lantai rumah biasanya digunakan pada bagian outdoor rumah, seperti teras, lantai di pinggir kolam renang atau lantai untuk jalan setapak pada taman.

Lantai Kayu Solid
Dibuat dari kayu asli melalui proses pengeringan, pembelahan dan pemotongan. Kemudian dibuatkan lidah atau papan alur agar memudahkan dalam pemasangannya.
Seperti halnya lantai parkit, lantai kayu solid ini termasuk pada golongan lantai yang mahal dan mewah. Sehingga penerapan lantai kayu solid untuk melapisi lantai rumah pada ruang-ruang tertentu saja seperti kamar tidur dan ruang keluarga.

Tag : Lantai, Material

Back To Top