Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Lantai Kamar Mandi Tidak Bocor

Pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan yang selalu disampaikan oleh konsumen yang mempunyai rumah bertingkat atau yang berencana untuk membangunnya. Adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan ketika mengalami kebocoran pada lantai kamar mandi di lantai atas. Apalagi posisi kamar mandi tersebut tepat berada di atas dapur atau ruang keluarga atau ruang lainnya yang sangat menggangu kenyamanan penghuni di lantai bawah.



Sebenarnya, tidak hanya kebocoran lantai kamar mandi di lantai atas saja yang perlu dikhawatirkan. Lantai kamar mandi yang terdapat di lantai bawahpun seharusnya dibuat sebaik mungkin agar tidak bocor. Mungkin ada diantara pengunjung yang pernah menemui lantai kamar mandi yang air tergenang karena lantai kamar mandinya sudah tidak bagus kemiringannya. Hal ini disebabkan karena lantai keramiknya bocor sehingga air selalu meresap ke campuran spesi di bawah keramik tersebut yang membuat kekuatan adukan semennya menjadi berkurang. Yang lebih menjijikan lagi adalah keluarnya cacing2 kecil di sela-sela (nat) keramik.

Berikut uraian membuat lantai kamar mandi supaya tidak bocor:

  1. Pastikan coran lantai kamar mandi tidak bocor. Lindungi keliling paralon yang menembus lantai dengan Aquaproof yang dilapisi dengan serat fiber. Caranya, setelah dibersihan, kuaskan Aquaproof di sekeliling paralon kemudian lapisi lembaran serat fiber dan kuaskan Aquaproof sekali lagi agar serat fiber tadi terlindung.
  2. Setelah Aquaproof kering, lapisi seluruh permukaan lantai kamar mandi dengan campuran Sikabond. Lapisi juga dinding kamar mandi tersebut lebih kurang setinggi 20 cm dari lantai.
  3. Setelah lapisan ini kering sempurna, lantai kamar mandi sudah bisa anda pasang keramik sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Untuk menutup sela-sela atau nat keramik, sebaiknya Anda menggunakan tepung keramik AM 53 dengan cairan perekat yang menjadi pasangannya. Jangan mencampur tepung keramik ini dengan air karena akan mengurangi kekuatan rekatnya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, sebaiknya Anda melapisi lantai kamar mandi dengan granit. Karena granit lebih kuat, keras dan tahan air dibanding dengan keramik. Untuk mengisi nat granit Anda gunakan tepung granit yang mengandung epoxy yaitu AM 55 yang dijamin hasilnya sangat keras sehingga binatang-binatang kecil tidak mampu untuk merusaknya.


Back To Top