Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Keramik Untuk Lantai dan Dinding

Saat ini banyak sekali material atau bahan yang digunakan untuk penutup lantai dan dinding rumah. Mulai dari batu alam, kayu, keramik, marmar, granit alam, homogenous tile (granit), dan lain-lain. Keramik merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Selain harga yang terjangkau, keramik juga mempunyai banyak pilihan, warna, model, ukuran. Sebelum Anda menentukan atau membeli keramik untuk lantai dan dinding rumah Anda, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa sebenarnya keramik itu?

Keramik yang dibahas dalam tulisan ini adalah keramik yang akan digunakan unruk lantai dan dinding rumah. Bukan keramik dalam bentuk kendi atau hiasan (pajangan).


Keramik dibuat dari bahan dasar tanah liat dan ditambah dengan bahan aditif lainnya yang dibentuk dan dibakar pada temperatur (suhu) tinggi.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah KW 1, KW2, KW3 saat membeli keramik. Istilah ini sebenarnya merupakan acuan pada ketepatan ukuran keramik dan keseragaman warna . Perbedaan ini bisa terjadi karena proses produksi dan pembakaran. Pihak produsen akan mengelompokan perbedaan ini pada proses quality control.

KW 1 merupakan kualitas yang terbaik. Sudut-sudut keramik benar-benar siku dan perbedaan ukuran antar keramik kurang dari 1 mm, artinya lebih presisi. Ini menyebabkan lebar nat dapat sangat tipis dan lantai keramik pun akan terlihat rapi. Sebenarnya walaupun ukuran keramik tertera di dalam box adalah 40 x 40 cm, tetapi ukuran aktual biasanya sekitar 39,7 – 39,8 mm. Warna nya pun hampir persis sama. Namun demikian, ketika Anda akan membeli ketamik untuk lantai dan dinding rumah Anda, tetap harus cek kode produksi di dalam box. Kode produksi yang berbeda mungkin akan menghasilkan warna yang sedikit berbeda.

KW 2 merupakan kualitas yang kedua. Sudut-sudut keramik tidak benar benar presisi. Ukuran pun bisa selisih sampai 2 mm karena sisi keramik yang agak melengkung. Pemakaian nat pada KW 2 ini lebih besar dari KW 1 walaupun dari segi warna masih relatif seragam.

Sedangkan KW 3 merupakan kualitas terakhir yang dapat dipasarkan oleh produsen. Selisih ukuran bisa mencapai 3 mm atau lebih. Sisi keramik juga banyak yang menggelembung menyebabkan pemakaian nat akan menjadi lebih besar.

Warna keramik kadang kadang agak berbeda sedikit. Maka musti hati hati dalam proses pemasangan. Perbedaan dalam KW tidak berhubungan dengan kuat tekan dan daya absorbsi keramik melainkan hanya dalam ukuran dan keseragaman warna.

Tag : Material

Back To Top