Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Keunggulan AC Inverter Dibandingkan AC Low Watt

Dilema antara ingin punya AC tapi tidak ingin tagihan listrik membengkak mungkin kerap dialami oleh mereka yang berencana membeli AC. Bahkan mungkin kini Anda juga sedang mengalaminya. Saat dihadapkan pada realita semacam ini, hanya ada 2 pilihan. AC inverter atau AC low watt? Sesuai dengan namanya, AC low watt memang terdengar seperti lebih unggul untuk urusan penggunaan listrik. Namun perlu Anda tahu, lebih hemat di sini ada syaratnya. Dalam kondisi tertentu, justru AC inverter-lah yang layak menjadi AC terbaik. Selain itu AC inverter juga memiliki beberapa keunggulan lain.

Berikut beberapa keunggulan AC Inverter jika dibandingkan dengan AC Low Watt:
  1. Mendinginkan Ruangan Lebih Cepat. Jika membandingkan antara AC inverter dengan AC low watt, AC inverter jelas lebih unggul dalam hal mendinginkan ruangan. Itu karena kompresor yang digunakan memang memiliki watt yang lebih besar. Ruangan pun dingin lebih cepat. Jadi tidak mengherankan, AC inverter kerap menjadi pilihan AC terbaik bagi mereka yang memang menginginkan performa.
  2. Relatif Lebih Ramah Lingkungan. AC inverter sudah menggunakan freon tipe R410A yang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan AC low watt yang saat masih cukup banyak yang menggunakan freon R22. Sebagai informasi, freon R22 ini bisa merusak ozone. Di beberapa negara penggunaannya bahkan sudah dilarang. Namun untuk di Indonesia sendiri, penggunaannya masih diperbolehkan. Itu pun hanya untuk menghabiskan stok yang masih dimiliki oleh perusahaan.
  3. Lebih Irit Listrik Jika Dinyalakan. Untuk waktu yang lama antara AC inverter dengan AC low watt, irit atau tidaknya memang sangat ditentukan oleh tipikal penggunaan. Untuk penggunaan yang hanya sebentar-sebentar saja, AC low watt memang lebih irit. Namun jika digunakan terus-menerus untuk waktu yang lama, AC inverter jelas lebih irit. Itu karena keunggulan AC inverter yang memiliki kemampuan untuk menurunkan konsumsi listrik saat suhu ruangan sudah sesuai dengan suhu yang ada pada layar remote AC.

Kinerja Inverter bertugas mengatur kecepatan motor dari kompresor untuk menghasilkan suhu yang diinginkan sedangkan untuk kinerja non-inverter kompresor hidup jika suhu udara dalam suatu ruang lebih panas, dan kompresor akan mati jika suhu udara dalam suatu ruang lebih dingin.

Demikian keunggulan AC inverter jika dibandingkan dengan AC low watt. Setiap pilihan memiliki keunggulan/kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kini, kembali kepada Anda. AC seperti apakah yang Anda butuhkan? Seperti apakah tipikal penggunaan Anda?

No comments:

Post a Comment