Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Keunggulan Atap Genteng Keramik atau Tanah Liat


Tanah liat telah terbukti sebagai bahan bangunan selama ribuan tahun. Tanah liat adalah bahan yang paling umum dan paling banyak diuji di dunia dan, secara biologis dan ekologis, adalah bahan yang patut dicontoh. Produk dinding isolasi yang terbuat tanah liat sehingga bisa menghemat energi terus ditingkatkan sampai saat ini.
Atap genteng keramik, terbuat dari tanah liat. Artinya atap genteng keramik bisa diandalkan untuk mengisolasi rumah Anda dari panasnya terik matahari.

Seperti yang ketahui, atap genteng keramik yang dibuat dengan bahan baku tanah liat yang dicetak dan dibakar. Kemudian baru dilakukan proses lainnya, tergantung dari produsen yang memproduksinya. Semakin banyak proses yang dilakukan terhadap genteng keramik, tentu akan menambah keunggulan atau kwalitas dari genteng keramik yang diproduksi tersebut.

atap genteng keramik Kanmuri
Atap genteng keramik Kanmuri

Atap genteng keramik atau genteng tanah liat diproduksi dengan aneka variasi, sehingga bisa memenuhi keinginan semua pemilik rumah. Genteng keramik atau genteng tanah liat memiliki beragam keunggulan seperti; lebih awet atau tahan lama daripada jenis genteng lainnya karena genteng keramik atau genteng tanah liat tidak bisa lapuk, dirusak serangga atau terbakar.

Berikut ini beberapa keunggulan atap genteng keramik atau genteng tanah liat:

  1. Atap genteng keramik mampu membuat suhu ruangan di bawahnya lebih sejuk dibanding atap jenis lainnya. Bahkan jika sirkulasi ruangan rumah Anda tertata dengan baik, bisa jadi Anda tidak memerlukan AC sebagai penyejuk udara.
  2. Atap genteng keramik mampu meredam bunyi yang ditimbulkan oleh derasnya curah hujan sehingga suasana dalam rumah menjadi lebih nyaman atau tidak berisik.
  3. Tampilan rumah menjadi lebih mewah.

Untuk menghindari kebocoran, hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan genteng keramik sebagai atap rumah adalah sudut kemiringan atapnya. Secara teori dijelaskan bahwa sudut kemiringan atap yang menggunakan genteng adalah minimal 30°, namun kami menyarankan sebaiknya 35°.
Apaladi saat ini telah diproduksi atap genteng keramik interlocking yang dilengkapi dengan tanggul-tanggul sehingga tidak perlu khawatir terhadap tempias walaupun hujan deras disertai angin kencang.

sistim interlocking pada atap genteng keramik
Sistim interlocking pada atap genteng keramik

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh atap genteng keramik ini, seharusnya menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan atap rumah Anda. Memang, harganya lebih mahal dibanding atap jenis lain. Namun, kenyamanan yang akan Anda nikmati jauh lebih bermanfaat apalagi atap genteng keramik bisa membuat Anda lebih hemat dalam pemakaian AC.

No comments:

Post a Comment