Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Panduan Memasang Lantai Conwood


Produk Conwood yang dapat digunakan untuk lantai rumah adalah tipe Conwood Decorative Deck (4”, 6”, dan 8”) dan Conwood Deck 12”.
Conwood Decorative Decks 4”, 6” dan 8” hanya digunakan sebagai material dekorasi lantai saja untuk memberikan tampilan kayu. Artinya pemasangan Conwood tipe ini hanya untuk melapisi lantai yang telah ada. Sedangkan Conwood Deck 12” dapat digunakan langsung menggunakan rangka kayu atau besi namun untuk menjaga keselamatan, pemasangan di atas ketinggian 50 cm diharuskan menggunakan papan tambahan atau triplek dengan ketebalan minimum 12 mm. Hal ini juga dikarenakan Conwood Deck 12” tidak bisa digunakan sebagai pendukung beban atau getaran layaknya kayu asli.

Pada tulisan panduan memasang lantai Conwood ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah pemasangan lantai Conwood tipe Deck 12” dengan menggunakan rangka besi atau kayu.

Contoh pemasangan lantai conwood
Contoh pemasangan lantai Conwood

Berikut ini urutan cara memasang Conwood yang diaplikasikan untuk lantai rumah, baik itu untuk interior maupun eksterior rumah Anda:


  1. Jarak rangka harus tidak lebih dari 30 cm. Pasangkan sekrup ke rangka dengan erat.
  2. Tambahkan rangka pada bagian sambungan Conwood Deck.
  3. Perhatikan untuk area ujung panel (sambungan), sekrup dipasang pada jarak 2,5 cm dari tepian.
  4. Buat oversink dengan kedalaman 5 mm menggunakan bor besi 8,5 mm agar sekrup masuk ke dalam atau gunakan mata bor countersink yang dapat dijumpai di toko peralatan bangunan.
  5. Gunakan sekrup countersink No. 8 untuk pemasangan yang lebih cepat.
  6. Pasang sekrup countersink pada titik yang sudah diberi oversink.
  7. Pasang sekrup disetiap area yang ditandai. Lalu lapisi kepala sekrup dengan tile grout (oaker), dan biarkan mengering.
  8. Gunakan busa sponge untuk memperhalus permukaan. Lalu dicat dengan menggunakan cat dengan bahan dasar air (waterbase).
Cara memasang lantai Conwood
Cara memasang lantai Conwood

Demikian panduan cara memasang lantai Conwood, semoga bisa bermanfaat. Untuk area eksterior, area sambungan diberi jarak (gap) 3 – 5 mm.

No comments:

Post a Comment