Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Apa itu Kayu Komposit?


Kayu komposit adalah sebuah material yang dibuat dengan tujuan untuk menggantikan kayu. Hal ini dilakukan karena mahal dan semakin langka serta sulitnya kayu pada saat ini sehingga para produsen membuatnya dari berbagai macam bahan dasar, salah satunya adalah plastik, yang kemudian hasil produksi dari bahan ini dikenal dengan istilah Wood Plastic Composite (WPC) atau Kayu Komposit.

Bagaimana kayu komposit ini dibuat?
Pada prinsipnya kayu komposit dibuat dengan mencampur limbah atau serbuk kayu dan plastik serta bahan aditif lainnya. Komposisi material tergantung pada pabrik yang membuatnya.
PT. Milan Ecowood membuat kayu komposit dari berbagai kombinasi kayu pertanian dan 100% dapat di daur ulang. Mereka juga memanfaatkan sisa serbuk kayu yang tidak terpakai menjadi bahan yang lebih baik, membantu mengurangi ketergantungan pada kayu, Kayu Komposit dibuat dari 70% limbah kayu dan 30% mineral tidak beracun yang tidak merusak lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Sementara itu Solideflex, kayu komposit yang diproduksi oleh PT. Sun Indotrade, dibuat dengan menggunakan 90% bahan limbah, yaitu 60% daur ulang serbuk kayu jati dan 30% daur ulang plastik. Serbuk atau limbah kayu yang digunakan adalah serbuk kayu Jati.

bentuk kayu komposit
bentuk kayu komposit

Berapa ukuran kayu komposit?
Kayu komposit dibuat dengan berbagai ukuran untuk berbagai keperluan. Ya, kayu komposit bisa digunakan untuk lantai, dinding, plafon dan pagar rumah. Khusus untuk lantai atau dek, kayu komposit dibuat lebih tebal, biasanya ± 25 mm.

Apa saja kelebihan dari kayu komposit?
Kayu Komposit tahan terhadap air, bebas rayap dan tahan terhadap panas sehingga tidak memerlukan perawatan rutin. Bahkan PT. Milan Ecowood Indonesia, dengan teknologi UltraShield-nya memberikan jaminan bahwa kayu komposit produksi mereka tidak perlu dicat.

Berikut kelebihan kayu komposit merek Milan Ecowood:
1. Anti Noda
Wine, Kopi, Kecap, Minyak sayur tidak akan membuat noda yang tertinggal pada papan. Kotoran dapat dengan mudah dihapus dari permukaan karena cairan tidak akan diserap oleh lapisan kayu , yang membuat UltraShield sangat mudah untuk dibersihkan dan perawatan yang sedikit.

2.  Tahan Jamur, Mold, Membusuk, Pergeseran atau Retak
Ultra Shield memberikan lapisan kedap akan air, sehingga tidak akan menyebabkan pertumbuhan jamur dan membusuk serta tidak akan membuat pergeseran dan retak pada papan.

3. Anti Pudar
Formulasi unik dari Ultra Shield memastikan warna tetap lebih lama dibandingkan dengan komposit decking konvensional.

4. Tidak Perlu Mengecat atau Meminyaki
Warna-warna yang ada pada NewTech merupakan bagian dari formulasi pada papan sehingga anda tidak perlu lagi untuk mengecat dan meminyaki papan.


Setelah mengetahui apa itu kayu komposit, sebaiknya Anda juga membaca Cara Memasang Lantai Kayu Komposit.

1 comment:

  1. kayu komposit ini bisa dilihat di www.wpcwoodindonesia.com

    ReplyDelete