Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Apa itu Lantai Vinyl?

Banyak orang ingin memiliki lantai rumah yang bagus dan rapi seperti lantai kayu, namun tidak semua orang mampu untuk membelinya karena harga lantai kayu tergolong mahal.
Nah...., ini solusinya lantai Vinyl. Setelah mengetahui berbagai jenis lantai untuk rumah, yang mana salah satu diantaranya adalah lantai vinyl, tentu Anda juga ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang apa itu lantai vinyl.

Apa itu lantai Vinyl?
Lantai vinyl atau disebut juga LVT (Laminate Vinyl Tile) adalah salah satu jenis lantai yang dibuat dari bahan dasar plastik (PVC) dan memiliki kelenturan yang lebih baik dibanding material lantai lainnya.

Seperti apa lantai vinyl itu?
Lantai vinyl dikenal juga sebagai bahan alternatif lantai rumah untuk menggantikan lantai kayu. Oleh sebab itu pula, motif lantai vinyl hampir mirip dengan motif kayu.
Lantai vinyl diproduksi dalam bentuk lembaran (plank) yang ukurannya masing-masing pabrik berbeda. Umumnya ukuran lebar antara 15 – 20 mm, panjang 900 – 1000 mm, yang hampir sama adalah ketebalannya yaitu 3 mm.

lantai vinyl GMH 9100 produk Gamachi
lantai vinyl GMH 9100 produk Gamachi
Sedangkan untuk lantai vinyl yang dijual dalam bentuk gulungan (rol pad), ukuran lebarnya adalah 1.83 m dan dapat dipesan dengan panjang minimum 15 m, namun ketebalannya hanya 1.5 mm. Jadi lebih tipis dari lantai vinyl tipe lembaran, hampir bisa dikatakan seperti karpet plastik yang tebal.


Bagaimana cara memasang lantai vinyl?
Lantai vinyl termasuk pada jenis bahan pelapis lantai. Artinya lantai vinyl dipasangkan untuk melapisi lantai yang sudah ada, seperti lantai keramik, lantai papan, dan lantai beton (yang telah di-aci).
Untuk memasangkan lantai vinyl pada media tersebut dapat menggunakan lem sebagai perekatnya. Namun pada saat ini, ada beberapa produsen yang memproduksi lantai vinyl versi premium, dimana pemasangannya tidak lagi memerlukan lem tapi telah menerapkan sistim klik.

contoh lantai vinyl dengan sistim klik
contoh lantai vinyl dengan sistim klik

Apa kelebihan dari lantai vinyl?
Kelebihan lantai vinyl adalah sebagai berikut:
  • Lantai vinyl telah diuji secara langsung, lapisan tahan terhadap api dan tidak menimbulkan bekas.
  • Lantai vinyl mempunyai lapisan tahan terhadap air merupakan keunggulan dibandingkan dengan lantai kayu yang mudah mengembang jika terkena air.
  • Bahan terbuat dari PVC sehingga bebas kawatir dari serangan rayap.
  • Mempunyai daya elastis yang bagus, sehingga tidak akan patah walau dilipat dan aman menopang beban diatas lantai.
  • Lapisan permukaan vinyl dirancang untuk tidak menyerap debu, sehingga cukup mudah untuk dibersihkan.

Lantai Vinyl adalah jenis lantai lunak yang sangat mudah tergores. Goresan tersebut, sehalus apapun akan membuat lantai tampak kusam dan tidak bercahaya. Untuk melindunginya, lantai vinyl perlu diberi lapisan pelindung yang keras (tahan gores), namun cukup lentur untuk mengimbangi kelenturan jenis lantai ini. Bila bahan pelapis kurang lentur, maka lapisan tersebut akan mudah retak.


Berapakah harga lantai vinyl?
Untuk mengetahui harga lantai vinyl, berikut ini saya berikan alamat website resmi beberapa produsen yang memproduksi lantai vinyl. Silakan Anda klik link ini:

Setelah mengetahui tentang apa itu lantai vinyl, ada baiknya juga Anda membaca juga "Cara Memasang Lantai Vinyl".

No comments:

Post a Comment