Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bermacam Material Pengganti Kayu


Keindahan artistik dan eksotis yang ditampilkan oleh kayu jika dijadikan bagian dari elemen bangunan sudah tidak terbantahkan. Mulai dari warna yang beragam dan sensasi alur serat kayu yang original, menjadikan kayu sebagai material yang seolah-olah tak tergantikan. Namun, karena kayu adalah bahan yang alami, membuatnya menjadi langka untuk saat ini. Selain membutuhkan proses tumbuh yang cukup lama, lahan yang ada untuk tumbuhnya pohon yang bisa dimanfaatkan kayunya pun semakin berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, sekarang ini banyak diciptakan bermacam material yang bisa dijadikan sebagai material pengganti kayu.

Secara umum material pengganti kayu yang ada saat ini dibuat dari 2 macam bahan dasar, yang pertama terbuat dari semen fiber dan yang kedua dari plastik. Sebagai bahan pengganti, tentu material ini tidak bisa dikatakan sama persis karakteristiknya dengan kayu asli. Namun Anda tidak perlu kecewa karena dari berbagai jenis yang dibuat, salah satu keunggulan dari material pengganti kayu ini adalah tahan air dan tahan rayap.



Berikut ini adalah beberapa merek material pengganti kayu yang terbuat dari bahan dasar semen fiber:
1. Conwood
Dinding rumah yang dilapisi Conwood
Material ini dibuat oleh PT. Conwood Indonesia yang berdiri pada tahun 2012, perusahaan ini menyediakan solusi pengganti kayu yang inovatif bagi bisnis properti dan industri konstruksi. Conwood terbuat dari semen berkualitas tinggi dengan serat daur ulang terbaik serta menggunakan teknologi terbaik dari Swiss.

2. Kalsi
Lantai out door yang dilapisi dengan KalsiDeck
Material ini dibuat oleh PT Eternit Gresik yang didirikan pada tahun 1971 dan mulai beroperasi tahun 1973, merupakan pelopor produsen papan fiber semen terkemuka di Indonesia.


Dan berikut ini adalah beberapa merek material pengganti kayu yang terbuat dari bahan dasar plastik:
1. Milan Ecowood.
Lantai di pinggir kolam renang atau taman yang dilapisi Milan Ecowood
Material ini diproduksi oleh PT. Milan Ecowood Indonesia yaitu sebuah perusahaan yang sedang tumbuh dan mengembangkan teknologi terbaru dalam memproduksi "Kayu Komposit" yang memiliki tampilan dan tekstur seperti halnya kayu alami.

2. Solideflex
Lantai balkon rumah yang dilapisi dengan WPC merek SolideFlex
Material pengganti kayu ini dibuat oleh PT. Sun Indotrade yang mengkhususkan dalam pada produk-poduk bahan bangunan berbahan baku PVC dan sejenisnya untuk rumah, baik untuk penggunaan dalam ruangan maupun luar ruangan.

Demikian beberapa contoh merek material pengganti kayu yang dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat rumah Anda, baik itu untuk membuat lantai, dinding atau plafon.

Sebelum anda membeli atau menggunakannya ada baiknya Anda ketahui lebih dalam lagi tentang keunggulan atau cara mengaplikasikan bahan-bahan tersebut. Anda bisa mengunjungi website resmi atau membaca artikel berikut:


No comments:

Post a Comment