Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Jenis Pipa Untuk Air Panas

Punya pemanas air tenaga surya (solar water heater) di rumah? Jika Anda punya, gunakanlah jenis pipa untuk air panas pada instalasinya.
Atau bagi Anda yang belum punya tapi pernah mandi dengan shower yang ada air panas dan dingin.
Nah.., mungkin Anda pernah mengalami pada saat ingin mencampur air panas dan air dingin yang sesuai dengan keinginan Anda memerlukan waktu yang cukup lama.
Yang lebih menjengkel lagi, tiba-tiba saja suhu airnya menjadi lebih panas dari yang Anda inginkan tadi.

Tahu kenapa penyebabnya?
Ini karena jenis pipa yang digunakan untuk menyalurkan air panas tersebut tidak menggunakan jenis pipa yang semestinya. Sebagaimana diketahui bahwa posisi letak sumber air panas (solar water heater) berada jauh dari kamar mandi dan itu memerlukan waktu untuk air panas sampai ke kran shower kamar mandi Anda.
Jika pipa yang digunakan untuk menyalurkannya tidak mampu menjaga suhu air yang tersimpan didalamnya sebelum Anda gunakan maka terjadilah apa yang Anda alami bahwa tiba-tiba suhu air menjadi lebih panas dari yang Anda inginkan sebelumnya.


Apa solusinya?
Agar air panas tidak cepat menjadi dingin, Anda memerlukan pipa dengan bahan PP-R (Polypropylene Random) yang dapat menjaga kestabilan suhu air. Jenis pipa ini memiliki kemampuan insulasi panas sehingga sangat baik untuk saluran air panas. Dengan adanya kemampuan insulasi, maka tidak perlu lagi melapisi pipa dengan selubung penahan panas.
Jenis pipa untuk air panas (PP-R) biasanya telah memenuhi standar internasional sehingga air yang mengalir melalui pipa ini aman untuk langsung dikonsumsi/diminum. Permukaan bagian dalam pipa yang licin mencegah terjadinya endapan kotoran pada pipa, sehingga air jadi lebih higienis.

Pada tulisan ini kami menyampaikan jenis pipa untuk air panas (PP-R) yang diproduksi oleh Rucika. Rucika memproduksi pipa air panas dengan merk Rucika Green.

Jenis pipa yang digunakan untuk mengalirkan air panas
Jenis pipa untuk air panas - Rucika Green
Rucika Green adalah suatu sistem perpipaan lengkap untuk saluran air panas dan air dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Materialnya dari bahan Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80. Menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion, sehingga hasil penyambungan menjadi homogen atau senyawa sehingga menjamin kekuatannya, anti kebocoran, bebas perawatan dan didesain agar mampu digunakan hingga 50 tahun.

No comments:

Post a Comment