Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Atap Fiber Aspal Multilayer


Bagi anda yang berkeinginan untuk menggunakan atap aspal bitumen sebagai bahan untuk atap rumah atau bangunannya, sekarang ini telah ada atap aspal alternatif lain yaitu atap fiber aspal multilayer. Atap ini diklaim lebih tahan lama oleh pabrik yang memproduksinya, PT. Gutta Indonesia, dimana mereka memberi garansi terhadap atap ini lebih dari 30 tahun.

Atap fiber aspal multilayer dengan merk Gutta ini terbuat dari serat selulosa dan aspal. Ide ini muncul atas keinginan mereka untuk mencari bahan dasar yang dapat memberikan keringanan dan struktur, tetapi juga sekaligus memberikan keunggulan lain seperti insulasi suara dan panas.
atap fiber aspal multilayer
atap fiber aspal multilayer

Seperti diketahui bahwa serat selulosa memiliki sifat dasar yang ringan tetapi dapat memberikan struktur serta kekuatan, serat selulosa dapat di daur ulang dan juga bisa ditemukan dengan mudah. Kemudian aspal memiliki karena sifat yang ringan dan non-metal sehingga bisa meredam terhadap panas dan suara.
Atap fiber aspal multylayer Gutta terdiri dengan 22 lapisan serat selulosa yang memberikan daya topang lebih dan juga melalui proses impregnasi aspal dengan metode vakum selama 30 menit, teknologi ini sudah di patenkan di seluruh dunia. Lapisan Gutta terdiri dari 22 lapisan tipis serat selulosa yang saling menumpuk. Walaupun tipis, serat yang saling melintas ini akan memberikan efek plywood dimana ini akan memberikan kestabilan dimensi produk Gutta (tidak melendut).
22 lapisan tipis serat selulosa yang dibentuk menjadi atap
22 lapisan tipis serat selulosa

Berikut ini adalah keunggulan yang ditawarkan oleh PT. Gutta Indonesia atas atap fiber aspal multilayer yang mereka produksi:
  • Tahan Lama. Atap fiber aspal multilayer ini dapat bertahan lebih dari 30 tahun jika terpasang sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan oleh Gutta.
  • Efisiensi waktu dan biaya. Bukan hanya mempercepat waktu pasang, atap fiber aspal multilayer juga membantu mengirit kegunaan struktur baja ringan/kayu karena sifat atap ini yang sangat ringan, dan juga sejuk sehingga mengurangi biaya listrik untuk menyejukan ruangan.
  • Insulasi. Atap fiber aspal multilayer bisa meredam panas dan bising. Karena sifat dasar aspal dengan nilai lambda ( λ ) hanya 0,1, produk Gutta bisa meredam panas sampai dengan 4°C dan suara sampai 23 dB.
  • Tahan Cuaca. Saat terjadi angin badai, atap fiber aspal multilayer dapat menahan dan memperkuat atap bangunan di angin sampai dengan 192 kmj, mengkokohkan rangka baja bangunan tersebut.
  • Ramah Lingkungan. Tidak mengandung Asbestos atau Formalin. Dan memiliki emisi CO2 yang rendah dan dapat di daur ulang.
  • Ringan. Beratnya hanya 5.20 kg/lembar atau 2.7 kg/m2, atap fiber aspal multilayer sangat cocok untuk area yang rawan gempa atau longsor.


Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan atap fiber aspal multilayer ini, mungkin akan menjadi bisa bahan pertimbangan bagi anda untuk memilihnya sebagai atap rumah atau bangunan anda yang lainnya.

No comments:

Post a Comment