Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Atap Dan Kemiringan Sudut Atap

Jika berbicara secara teknik, atap dibangun sebagai penutup bangunan atau rumah yang paling atas, melindungi dari reruntuhan dan pengaruh atmosfir (angin, dingin, panas).
Atap terdiri dari penopang (rangka atap) dan kulit atap yang terpasang (seperti: atap sirap, seng, genteng dan lain-lain).
Bagian yang dipasang tergantung dari bahan-bahan (kayu, baja, beton baja, baja ringan), kemiringan atap, jenis dan berat kulit atap, beban dan lain-lain.
Untuk penerimaan beban ditentukan dari perhitungan (berat sendiri; beban hubungan, angin, dan salju).

Jika Anda sebagai pemilik sebuah rumah yang akan dibangun, jangan pernah mengenyampingkan hal ini. Karena yang akan menanggung akibatnya dikemudian hari adalah Anda sendiri. Anda dipastikan akan mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki atap rumah anda yang bermasalah, biasanya terjadi bocor. Belum lagi kerugian materil lainnya yang diakibatkan oleh kebocoran tersebut seperti; harus mengganti plafon, mengganti lampu, dan mungkin juga beberapa perabot rumah Anda.

Yang perlu diperhatikan pada saat pembuatan atap rumah Anda adalah sebagai berikut:
1. Kekuatan Rangka Atap
2. Kemiringan Sudut Atap
3. Material Atap

Kekuatan Rangka Atap
Lazimnya disebut dengan kuda-kuda atap. Kekuatan rangka atap ini berkaitan dengan konstruksi dan material yang akan Anda gunakan harus mampu menahan beban dari apa yang telah diuraikan sebelumnya. Semakin berat atap yang akan pakai maka semakin kuat pula rangka atap (kuda-kuda atap) rumah Anda.

Kemiringan Sudut Atap
Kemiringan sudut atap sangat bervariasi, tergantung dari atap yang akan Anda gunakan. Kemiringan atap seng jauh lebih kecil dibandingkan sudut kemiringan atap genteng. Jadi ketika Anda membeli atap, sebaiknya anda tanya berapa kemiringan atap yang dianjurkan oleh pabrik atas atap yang anda pilih tersebut.
Secara standar, dalam buku data arsitek terdapat tabel yang menunjukkan berapa sudut kemiringan atap yang diperbolehkan pada beberapa jenis atap tertentu.
Kemiringan atap berdasarkan buku data arsitek
Kemiringan atap berdasarkan buku data arsitek

Material Atap
Dalam menentukan material atap tergantung dari selera dan kemampuan finansial Anda. Sebagai bahan pertimbangan jika Anda memilih atap yang berbahan metal sebaiknya Anda pilih atap metal yang tebal. Saat ini atap metal yang tergolong tebal itu yang ada di pasaran ketebalannya berkisar antara 0,35 mm – 0,4 mm.

2 comments:

  1. Info yang bermanfaat, kunjungi website kami juga di https://sumbersrirejekigenteng.com

    ReplyDelete